Skor Kacamata Hiasi Akhir Duel Keras Persija Vs PSM

Duel Persija vs PSM di semifinal Piala Menpora 2021.
Sumber :
  • Instagram/@persija

VIVA – Partai panas tersaji dalam duel leg pertama semifinal Piala Menpora 2021 saat Persija Jakarta menghadapi PSM Makassar, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis 15 April 2021. Laga yang berlangsung keras itu berakhir dengan skor kacamata.

Saat laga belum genap lima menit, sudah empat kartu kuning terjadi. Kartu kuning cepat di laga ini terjadi saat pertandingan memasuki menit kedua. 

Gelandang PSM, Sutanto Tan diganjar kartu kuning oleh wasit setelah melakukan pelanggaran terhadap Marc Klok saat sedang berduel udara.

Setelah itu, beberapa menit selanjutnya, saat Persija mendapatkan sepak pojok, giliran Erwin Gutawa dan Yann Motta yang mendapat kartu kuning usai cekcok di dalam kotak penalti.

Dua menit berselang atau tepatnya menit kelima, wasit kembali mengeluarkan kartu kuning kepada pemain PSM. Adalah Zulkifli Syukur yang mendapat kartu kuning keempat di laga ini.

Di pertengahan babak pertama, peluang tak kunjung didapatkan dari usaha yang kedua tim lakukan. Namun, tempo keras yang menjurus kasar hanya membuat wasit lebih royal lagi dalam mengeluarkan kartu kuning.

Dua pemain Persija, Marc Klok dan Marco Motta juga harus mendapatkan kartu kuning sebelum babak pertama usai.

Baru pada menit ke-19 ada peluang yang didapatkan Persija. Sayangnya, tembakan kaki kiri Osvaldo Haay yang arahnya sudah tepat masih dapat diamankan dengan baik oleh kiper PSM, Hilman Syah.

Sepuluh menit kemudian PSM merespons. Skuad Juku Eja memiliki peluang emas lewat aksi Saldy. Akan tetapi, upayanya masih bisa digagalkan dengan cemerlang oleh kiper Persija, Andritany Ardhiyasa.

Gempuran PSM belum berhenti. Pada menit 37, PSM kembali mempunyai peluang emas dari situasi sepak pojok. Namun, kemelut yang disapu Muhammad Arfan masih bisa ditinju dengan cekatan oleh Andritany.

Empat menit berselang Persija kembali mendapatkan momentum untuk membongkar pertahanan PSM. Sayangnya, penyelesaian akhir yang dilakukan Osvaldo usai bebas tak terkawal di kotak penalti PSM masih dapat dipatahkan Hilman Syah.

Dalam waktu yang tersisa di babak pertama, kedua tim masih saling berbalas serangan. Namun, hingga wasit meniup peluit panjang tanda turun minum, belum ada gol yang tercipta, yang membuat skor masih sama kuat 0-0.

Usai rehat, Persija sangat mendominasi penguasaan bola. Sedangkan, PSM lebih sering mengandalkan serangan balik dalam membongkar pertahanan Persija.

Namun, hingga pertandingan memasuki menit ke-60, kedua tim masih sama-masa kesulitan untuk menciptkan peluang. Baru pada menit 61 Persija memiliki peluang lewat aksi Marko Simic. Sayangnya, sepakan dari Simic masih bisa diblok Zulkifli Syukur.

Sebelas menit berselang, giliran PSM yang memiliki peluang. Akan tetapi, tembakan Saldy dari luar kotak penalti masih bisa ditangkap dengan mudah oleh Andritany.

Usaha Persija untuk memenangkan pertandingan semakin berat setelah harus bermain dengan 10 pemain mulai menit 83. Macan Kemayoran dipaksa memainkan di sisa laga dengan 10 orang usai Marco Motta diusir keluar lapangan akibat cekcok dengan Abdul Rahman.

Di sisa waktu pertandingan, PSM mulai mengambil inisiatif serangan. Namun, segala usaha yang mereka lakukan tidak ada yang membuahkan hasil hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Hasil 0-0 ini akan membuat pertandingan leg kedua yang digelar Stadion Manahan, Solo, bakal berjalan lebih sengit. Menurut jadwal, pertandingan leg kedua akan berlangsung pada 18 April 2021.

Susunan pemain

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa (PG); Yann Motta, Otavio Dutra, Marco Motta, Novri Setiawan, Rohit Chand, Marc Klok, Ramdani Lestaluhu (Tony Sucipto 73'), Osvaldo Haay, Heri Susanto (Riko Simanjuntak 46'), Marko Simic (Nico 90').

PSM Makassar: Hilman Syah (PG); Zulkifli Syukur, Erwin Gutawa, Hasim Kipuw, Abdul Rahman, Sutanto Tan, Rasyid Bakri, Muhammad Arfan (Aji Kurniawan 83'), Yakob Sayuri, Risky Eka (Patrich Wanggai 80'), Saldy.