Gibran Pastikan Piala Wali Kota Solo Aman Digelar di Tengah Pandemi

Gibran Rakabuming Raka saat peluncuran Tim Persis Solo.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memastikan ajang turnamen pramusim Piala Wali Kota Solo 2021 akan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sebab, turnamen yang diikuti delapan klub yang terdiri dari empat klub Liga 1 dan empat klub Liga 2 itu digelar di tengah pandemi COVID-19.

Kesuksesan Solo menjadi rumah Piala Menpora 2021 menjadi cambuk bagi putra sulung Presiden Jokowi itu untuk menggelar turnamen pramusim sebelum kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bergulir. Penyelenggaran ajang tersebut dipusatkan di Stadion Manahan Solo yang akan dimulai pada 20-26 Juni nanti.

“Nah kita ingin ulangi lagi kesusksesan itu dengan Piala Wali Kota ini,” ujar Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo, Jumat 11 Juni 2021.

Seperti saat pelaksanaan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 lalu, lanjut Gibran, penyelenggaran Piala Wali Kota Solo ini juga menerapakan standar operasional prosedur yang ketat . Hal ini dilakukan agar ajang tersebut tidak menjadi tempat penyebaran COVID-19.

“Jadi kita pastikan SOP-nya ketat, prokesnya ketat dan acaranya bisa berlangsung dengan aman. Pemain-pemain dan staf setelah turnamen bisa kembali ke kotanya masing-masing dalam keadaan yang sehat juga,” harapnya.

Untuk menjamin penyelengaraan turnamen itu berlangsung dengan aman nantinya para pemain, panitia hingga tamu undangan yang akan masuk ke area stadion akan menjalani tes swab terlebih dahulu. Sedangkan untuk para pemain, ia meyakini sebagian besar pemain telah mendapatkan vaksinasi COVID-19.

“Pemainnya kebanyakan sudah divaksin. Nanti kalau masuk stadion di swab antigen pastilah. Kita pastikan aman,  SOP sama waktu Piala Menpora kemarin,” kata dia.

Dalam turnamen tersebut, Gibran juga menghimbau kepada para para pendukung setia klub yang bertanding untuk menonton melalui tayangan televisi maupun layanan streaming di rumah. Pasalnya turnamen itu memang digelar tanpa penonton untuk menghindari terjadinya kerumunan massa yang sangat rentan terhadap penyebaran COVID-19.

“Dan mohon maaf lagi ini tanpa penonton, nanti silahkan bisa lihat di rumah melalui Indonesia. Saya sarankan suporter dan fans untuk nonton aja dari rumah. Nanti jauh-jauh ke sini tidak mungkin kita perbolehkan masuk ke area stadion. Jangan datang ke stadin karena pasti kami larang,” ucapnya.