PSIS Semarang Resmi Tunjuk Pelatih Asal Skotlandia

Pelatih PSIS Semarang, Ian Andrew Gillan
Sumber :
  • Dok PSIS

VIVA – Teka-teki siapa pelatih baru PSIS Semarang pengganti Dragan Djukanovic terjawab sudah. Adalah Ian Andrew Gillan, pelatih berlisensi AFC Pro berpaspor Australia dan Skotlandia, yang akan memegang tampuk kepemimpinan Laskar Mahesa Jenar.

"Proses yang cukup panjang untuk menyeleksi calon pelatih, kini manajemen menunjuk coach Ian Andrew Gillan sebagai headcoach PSIS di Liga 1,” kata CEO PSIS, Yoyok Sukawi, Jumat 17 September 2021.

Yoyok berharap Gillan bisa mengangkat prestasi tim dan melakukan pengembangan pada  pemain muda. Gillan memiliki rekam jejak cukup mentereng khususnya di Asia Tenggara dan Australia.

Rentang tahun 2010-2013, Gillan duduk sebagai staf pelatih Perth Glory FC, Australia. Kemudian menjadi direktur teknik Kedah FA Malaysia pada tahun 2015. Ia juga pernah menjadi pelatih kepala Ilocos United di Liga Filipina pada tahun 2017.

Kemudian menangani Sarawak FA Liga Malaysia pada tahun 2018-2019. Setelah kembali lagi, meracik Kedah FA di liga tertinggi Malaysia pada tahun 2020. Saat ini manajemen tengah berupaya mendaratkan mendatangkan Gillan ke Indonesia, agar secepat mungkin menangani tim.

"Ini kami perkenalkan dulu sambil memproses kedatangannya. Untuk registrasi di kompetisi aman dan sudah didaftarkan. Sekarang menunggu administrasi beres untuk bisa merapat ke Indonesia,” ungkap Yoyok.

Untuk saat ini PSIS sementara ditangani caretaker Imran Nahumarury. Imran belum bisa menangani tim secara permanen terkait lisensi pelatih.

PSIS tengah bersiap menghadapi Persiraja Banda Aceh di pekan ketiga Liga 1. Laga berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Sabtu 18 September 2021.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno