Pelatih Thailand Puji Shin Tae-yong dan Ungkap Kabar Baik untuk Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Thailand, Alexandre Polking
Sumber :
  • Foto: Twitter/Changsuek_TH

VIVA Bola – Timnas Thailand akan menghadapi Timnas Indonesia pada laga ketiga Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis 29 Desember 2022.

Menjelang pertandingan penuh gengsi ini, pelatih Thailand, alexandre Polking memberikan pujian kepada pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

"Shin Tae-yong adalah pelatih yang fantastis, seperti yang kita semua ketahui," kata Polking dalam konferensi pers.

Polking juga menilai, Shin Tae-yong adalah pelatih kelas dunia dan telah melakukan pekerjaan yang bagus untuk Timnas Indonesia.

Juru taktik asal Korea Selatan itu juga telah membuat masa depan sepakbola Indonesia lebih cerah karena banyak memunculkan pemain muda.

"Shin pernah melatih salah satu negara sepakbola terbesar di Asia saat Piala Dunia (menangani Korea Selatan dalam Piala Dunia 2018), dan menundukkan Jerman di sana," ucapnya.

"Dalam timnas Indonesia, dia membawa banyak pemain muda. Mereka memiliki masa depan cerah," ujarnya, menambahkan.

Meski memberikan pujian pada Shin Tae-yong, Polking saat ini memiliki torehan positif atas rivalnya itu.

Dalam empat pertandingan, Shin Tae-yong tidak pernah menang, cuma imbang dua kali dan selebihnya kemenangan untuk Polking.

Bukan cuma head to head pelatih yang dimenangkan Thailand. Dari segi pertandingan, Tim Gajah Perang lebih dominan ketimbang Indonesia.

Berdasarkan laman 11v11.com, Indonesia tidak memiliki rekor bagus saat bersua Thailand sejak 1957.

Total, kedua tim sudah 80 kali bertemu di mana Indonesia kalah 40 kali dan 25 kali menang, sedangkan sisanya imbang.

Pada enam pertemuan terakhir sejak 2016, Indonesia bahkan tidak bisa mengalahkan Thailand dan cuma memaksakan dua hasil seri.