Gol Telat Persiba Batalkan Persija Menang

Tim Persiba Balikpapan
Sumber :
  • VIVAnews/Ikram

VIVAbola - Sempat tertinggal 0-2, Persiba Balikpapan sukses memaksa tamunya, Persija Jakarta bermain imbang 2-2 dalam laga lanjutan ISL, Jumat 27 April 2012 di Stadion Persiba.

Klimaks pertandingan terjadi jelang bubar saat Persiba mencetak sepasang gol lewat Aldo Baretto dari titik putih dan Matsunaga Shohei. Padahal, di paruh kedua, Persija berhasil memperlebar kedudukan menjadi 2-0 lewat gol Pedro Javier. Kemenangan Persija yang sudah di depan mata pun lenyap begitu saja.

Semangat pantang menyerah yang dipergakan Persiba menggagalkan ambisi Macan Kemayoran memetik poin penuh di laga tandang. Padahal, Persija sudah unggul 1-0 di babak I.

Memasuki babak kedua, Esteban Guillen mendapat peluang bagus lewat tendangan bebas di menit 50. Sial, tendangan melengkungnya masih bisa dihalau oleh kiper Persija, Galih Sudaryono.

Persija yang terus mendominasi pertandingan menggandakan keunggulan atas Persiba menjadi 2-0. Pedro Javier kembali mencetak gol di menit 53 setelah lepas dari kawalan bek Persiba, Supriyadi. Tendangan mendatarnya tidak bisa diamankan Made Wirawan.

Ramdani Lestaluhu membuka asa bagi Persija untuk menambah keunggulan. Namun, inisiatifnya menanduk bola di menit 56 hanya menghasilkan tendangan gawang bagi Persiba.

Terus tertekan, Persiba berusaha keras keluar dari tekanan. Gelandang Persiba, Asri Akbar melepaskan tendangan spekulasi untuk membobol gawang Galih. Namun, akurasinya yang lemah membuat bola terbang di atas mistar.

Menit 73, Galih harus ditarik ke luar lapangan karena cedera setelah jatuh dalam posisi yang salah. Dia digantikan Andritany Ardhiyasa. Di menit 79, giliran Hasyim Kipuw melahirkan peluang melalui tendangan diagonalnya, meski belum bisa merobek jala Made Wirawan.

Di penghujung pertandingan, Persiba mendapat hadiah penalti saat Precious Emuejeraye melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Aldo Baretto yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan sempurna. Skor berubah menjadi 2-1 pada menit 90.

Tanpa diduga, Persiba kembali menambah gol. Skor buat Persiba kali ini dicetak Matsunaga Shohei pada menit 92 mengoptimalkan umpan lambung Aldo Barreto. Kemenangan Persija pun sirna karena gol terakhir Shohei.

Atas hasil imbang ini, Persija belum beranjak dari posisi 4 klasemen dengan mengemas 43 poin. Mujur buat Persiba, hasil ini mendongkrak posisi ke urutan 5 dengan 33 poin, menggeser Persela Lamongan.

Susunan Pemain
Persiba Balikpapan:
I Made Wirawan, Supriyadi, Rahmat Latief (Eki Nurhakim 60'), Tomislav Labudovic, Herry Susilo, Achmad Sembiring, Matsunaga Shohei, Esteban Gullien (Saiful Lewenusa '59), Asri Akbar, Aldo Barreto, Kenji Adachihara

Persija Jakarta:
Galih Sudaryono (Andritany Ardhiyasa 74'), Hasyim Kipuw, Precious Emuejeraye, Ngurah Nanak (Rahmat Affandi 90'), Ismed Sofyan, Jeong Kwang Sik, Ahmad Marzukih, Robertino Pugliara, Ramdani Lestahulu, Bambang Pamungkas, Pedro Javier

(one)