Hijrah ke Malaysia, Berapa Bayaran Top Scorer ISL?

Pemain Persebaya Surabaya, Emmanuel "Pacho" Kenmogne
Sumber :
  • ligaindonesia.co.id

VIVAbola – Top scorer Liga Super Indonesia (ISL) 2014, Emmanuel 'Pacho' Kenmogne, sempat menjadi incaran sejumlah klub papan atas Indonesia. Salah satunya adalah Persib Bandung yang sangat berambisi menggunakan jasa pemain kelahiran Kamerun itu.

Negosiasi sempat nyaris berpihak kepada Maung Bandung. Sayangnya, belakangan, Pacho lebih memilih untuk menyeberang ke klub Malaysia, Kelantan FA.

Menurut Francis Yonga, agen Pacho, ada beberapa alasan kliennya itu memilih klub Negeri Jiran dibanding bertahan di Indonesia. Salah satunya adalah nilai kontrak "gila-gilaan" yang ditawarkan oleh Kelantan FA kepada mantan pemain Persebaya Surabaya itu. 

Yonga menatakan, Pacho menerima kontrak per musim yang jauh lebih besar di Malaysia. "Pacho terima sampai Rp3,2 miliar per musim di Kelantan," kata Yonga kepada wartawan di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Rabu, 7 Januari 2015.

Pacho kali pertama tampil di Indonesia bersama Persija Jakarta musim 2013-2014. Bersama Macan Kemayoran Kenmogne mencetak 14 gol dari 16 pertandingan.

Musim berikutnya, dia memutuskan pindah ke Persebaya Surabaya. Meski gagal membawa Baju Ijo juara, Pacho keluar sebagai top scorer ISL dengan koleksi 25 gol. (one)

Baca juga:

10 Pemain dengan Nilai Jual Paling Tinggi, Messi Teratas

6 Penggoda Neymar, dari Model Panas Hingga Pengacara Cantik


Barcelona Amburadul, Messi Mulai Lirik Premier League?