Pemain Persipura Ungkap Perbedaan Lessa dan Jacksen

Osvaldo Lessa
Sumber :
  • Dyah Pitaloka/VIVAbola (10/2)

VIVA.co.id - Persipura Jayapura akan dipimpin oleh Osvaldo Lessa di Liga Super Indonesia (ISL) 2015. Pelatih asal Brasil tersebut menggantikan peran Jacksen F Tiago yang sudah hengkang sejak akhir musim 2014.

Tentu ada perbedaan dalam gaya melatih antara Jacksen dan Lessa. Menurut geladang Persipura, Lim Joon Sik, Lessa dinilai lebih dekat dengan pemain ketimbang Jacksen.

"Dia (Lessa) sering berkomunikasi dengan pemain. Kalau Jacksen, tegas dalam memutuskan. Namun, Lessa bicara dengan pemain dulu sebelum akhirnya mengambil keputusan," ujar Lim kepada wartawan di Lapangan C Senayan, Jakarta, Senin 16 Februari 2015.

Kedekatan Lessa dengan pemain sebenarnya bisa dimaklumi. Musim lalu, dia menjabat sebagai pelatih fisik tim Mutiara Hitam. Jadi wajar jika dia lebih banyak berkomunikasi dengan Boaz Solossa dan kawan kawan.

Sementara itu, pemain lainnya, Ruben Sanadi menuturkan bahwa ada perbedaan gaya taktik antara Jacksen dan Lessa. Bek kiri Persipura ini mengatakan, Lessa menggunakan skema permainan menekan, dengan bola-bola langsung.

"Kalau Jacksen lebih mengutamakan permainan bola dari kaki ke kaki dalam menyusun serangan," ungkap pemain dengan nama lengkap Ruben Karel Sanadi, yang pernah memperkuat Persikota Tangerang, PSMS Medan, Persipasi Bekasi, dan Pelita Jaya.

Baca juga:

Cetak 11 Gol dari 6 Laga, Messi Sedang di 'Puncak'

PSG Bertumpu pada Ibra, Chelsea Nantikan Sinar Hazard