Klub Premier League Bersatu Gagalkan ManCity Tampil di Liga Champions

Manchester City merayakan gol
Sumber :
  • Twitter/@ManCity

VIVA – Manchester United, Liverpool, Arsenal, dan klub Premier League lainnya bersatu untuk menjegal Manchester City tampil di Liga Champions dua musm ke depan. 

Klub-klub tersebut dikabarkan telah menulis surat kepada Pengadilan Arbitrase Olahraga Internasional (CAS), agar ManCity tidak berpartisipasi di kasta teratas kompetisi klub-klub Eropa tersebut. 

ManCity dilarang berkompetisi di Eropa selama dua musim setelah UEFA menyatakan mereka bersalah karena melanggar Financial Fair Play (FFP). The Citizens diduga melakukan pelanggaran atas pendapatan sponsor yang dikirimkan ke UEFA antara 2012-2016.

Namun, pihak ManCity membantah melakukan kesalahan dan telah mengajukan banding ke CAS terhadap hukuman mereka. Ada kekhawatiran pesaing ManCity di Premier League. Mereka takut jika ManCity meminta hukumannya ditunda selama banding berlangsung.

Dalam upaya untuk mencegah hal itu terjadi, delapan dari 10 besar Premier League bersatu dan telah mengajukan aplikasi ke CAS.

Daily Mail melaporkan bahwa delapan klub tersebut termasuk Liverpool, MU, Arsenal dan Chelsea. Dalam surat itu, kedelapan klub tersebut menyatakan akan keberatan apabila hukuman ManCity ditangguhkan saat berjalannya banding. 

Salah satu sumber yang mengetahui surat tersebut mengatakan, kedelapan klub itu sudah habis kesabaran karena kecurangan ManCity selama ini bisa lolos ke Liga Champions dan menjadi juara.

"Sudah terlalu lama, City bisa lolos dengan melanggar aturan dengan mengorbankan setidaknya satu klub lain yang tidak dapat masuk ke Liga Champions. Yang dikhawatirkan adalah mereka akan bisa menunda hukuman apapun," kata Sumber yang tak disebutkan namanya itu.

ManCity saat ini berada di peringkat kedua klasemen sementara dengan poin 57. Mereka selisih 25 angka dari Liverpool di puncak klasemen. 

Jika nanti pasukan Pep Guardiola finis di peringkat empat besar dan permintaan delapan klub itu dikabulkan CAS, jatah ManCity akan ditempati peringkat kelima. Saat ini, posisi itu ditempati oleh MU yang ditempel oleh Wolverhampton Wanderers.

ManCity musim ini masih tampil di Liga Champions. Sergio Aguero cs sudah berhasil melenggang ke babak 16 besar. ManCity berpeluang untuk lolos ke babak perempat final setelah unggul 1-0 atas Real Madrid di pertemuan pertama.

Baca Juga: 

Lupakan Sejenak Virus Corona, Ada 'Duel' Muhammad Ali vs Holyfield

Kedahsyatan Pukulan Mike Tyson, Anginnya Saja Bikin Jagoan WWE Gila

Bersatu Lawan Virus Corona, Kini Guardiola Kucurkan Dana