Deretan Rekor Dahsyat Ini Bisa Dipecahkan Liverpool di Akhir Musim

Pemain Liverpool merayakan gol
Sumber :
  • Twitter/@LFC

VIVA – Liverpool benar-benar mewujudkan mimpi juara Premier League di musim 2019/20. The Reds berhasil memutus penantian panjang selama 30 tahun untuk kembali juara liga Inggris.

Sadio Mane cs juara setelah Manchester City dikalahkan Chelsea dalam lanjutan Premier League di Stamford Bridge, dini hari tadi. Tim besutan Pep Guardiola menyerah 1-2.

Ini adalah gelar Premier League pertama Liverpool. Sebab, mereka terakhir kali juara ketika formatnya masih Liga Inggris.

Sebenarnya, aura juara Liverpool sudah terasa sejak musim lalu ketika menjadi runner up lantaran kalah satu poin dari Manchester City di akhir musim.

Baca juga: 8 Fakta Menarik Perjalanan Liverpool Juara Premier League 2019/20

Torehan positif itu ternyata berhasil ditingkatkan pada musim ini. Pasukan Juergen Klopp langsung tancap gas sejak awal musim dan menjadi satu-satunya tim yang tak pernah menderita kekalahan sebelum dihentikan Watford, awal Maret lalu.

Padahal, sebelumnya Jordan Henderson cs sempat menjalani 18 kemenangan beruntun dan tak terkalahkan selama 44 pertandingan.

Tapi, mereka tetap berhasil mencatatkan rekor baru setelah menjadi juara liga Inggris tercepat dengan menyisakan tujuh pertandingan. Sebelumnya, rekor itu bertahan di lima laga tersisa.

Baca juga: VIDEO: Momen Pemain Liverpool Berpesta di Kekalahan ManCity

Kendati demikian, masih ada beberapa rekor lainnya yang masih bisa dipecahkan oleh Liverpool di akhir musim ini. Dan beberapa di antaranya seperti yang dibahas di bawah ini:

1. Selisih poin terbesar
Liverpool berpotensi mencetak selisih poin juara dengan runner up terbesar sepanjang sejarah kompetisi sepakbola Inggris. Saat ini, Mohamed Salah cs sudah menorehkan selisih 23 poin dengan ManCity.

Dengan tujuh laga tersisa, jarak poin tersebut berpotensi lebih lebar lagi. Jika berhasil, The Reds akan mengalahkan rekor The Citizens pada musim 2017/18 saat unggul 19 poin dari Manchester United yang menempati posisi kedua.

2. Poin terbanyak
Liverpool juga masih membuka kans sebagai tim juara dengan pengoleksi poin terbanyak di Inggris juga di antara lima liga top Eropa lainnya.

Hingga pekan ke-31, The Reds sudah mengumpulkan 86 poin. Itu berarti dengan tujuh laga tersisa, poin maksimal yang bisa didapatkan oleh Liverpool adalah 107 angka.

Jika berhasil, Liverpool kembali mengalahkan ManCity yang ketika juara Premier League musim 2017/18 menorehkan 100 poin.

3. Kemenangan terbanyak
Liverpool juga masih berpotensi menjadi tim juara dengan koleksi kemenangan terbanyak di akhir musim. Terkini, mereka sudah meraih 28 kemenangan. Itu berarti catatan maksimalnya adalah 35 kemenangan.

Jika berhasil, Liverpool mengungguli ManCity yang pada musim 2017/18 meraup 32 kemenangan.