Juergen Klopp, Muhammad Ali Versi Sepakbola

Manajer Liverpool, Juergen Klopp
Sumber :
  • Metro.co.uk

VIVA – Popularitas Juergen Klopp kian menanjak usai berhasil mengantarkan Liverpool mengakhiri puasa gelar di kompetisi kasta tertinggi Inggris yang sudah berjalan selama 30 tahun. Setelah menjadikan Liverpool juara Premier League musim 2019/20, Liga Champions musim 2018/19, dan merajai Piala Dunia Klub 2019, Klopp makin dielu-elukan fans dan publik sepakbola lainnya.

Karakter Klopp yang tegas dan luwes membuat banyak pihak kagum. Selain itu, kecerdasan Klopp membuat mata dari penikmat sepakbola dunia menjadi lebih segar dengan filosofi permainannya.

Manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson, menjadi salah satu tokoh yang begitu kagum dengan Klopp. Bahkan, ketika Klopp memilih gabung Liverpool, Ferguson sudah ketakutan MU akan kesulitan bersaing dengan sang rival.

Setelah Ferguson, Klopp menerima pujian lagi dari Direktur Olahraga Borussia Dortmund yang merupakan mantan klubnya, Michael Zorc.

Tak tanggung-tanggung, Zorc memberikan julukan yang begitu tinggi kepada Klopp, "Muhammad Ali Versi Sepakbola".

Baca juga: Liverpool Juara Premier League karena Klopp Takut Istri

Zorc punya pendapat mengapa menjuluki Klopp demikian. Sama seperti Ali yang mampu menginspirasi orang lewat aksinya di ring, Klopp punya kemampuan memengaruhi setiap individu saat bekerja di atas lapangan bersama anak-anak asuhnya dengan gaya main militan dan tak kenal lelah ala Gegenpressing.

"Selamat, Juergen! Kamu yang terbaik! Bukan tanpa alasan saya telah memanggilmu Muhammad Ali versi sepakbola," kata Zorc di situs resmi Dortmund.

CEO Dortmund, Hans-Joachim Watzke, juga memberikan selamat kepada Klopp. Dia mengakui, mantan mentor para pemain Dortmund itu sudah teruji sebagai salah satu manajer terbaik dunia.

"Sejak memenangkan titel di liga bersama kami, dia sudah masuk ke jajaran manajer elite dunia," tegas Watzke.

Baca juga: Sir Alex Ferguson Sudah Ramal Ngerinya Liverpool di Bawah Arahan Klopp