Fakta Mengejutkan Setelah Liverpool Dipermak Aston Villa

Striker Aston Villa, Jonathan Kodjia, usai cetak gol ke gawang Liverpool
Sumber :
  • Sky Sports

VIVA – Liverpool harus tersingkir di perempatfinal Piala Liga Inggris setelah dipermak Aston Villa. Bermain di Villa Park, Selasa, 17 Desember 2019, Liverpool yang turun dengan pemain U-23 dihajar dengan skor 0-5.

Bagi sebagian orang, hasil ini tentu mengejutkan. Sebab, Liverpool tampil mengerikan di Premier League dan hingga pekan ke-17 belum terkalahkan. 

Hasil impresif itu membuat mereka berjalan sendirian di puncak klasemen dengan 49, unggul 10 angka dari pesaing terdekatnya, Leicester City. 

Tapi, yang perlu diketahui, pada laga tersebut Liverpool tidak turun dengan kekuatan terbaiknya. Sebab, jadwal melawan Aston Villa bersamaan dengan Piala Dunia Klub. Praktis, manajer Juergen Klopp memutuskan mengutus tim U-23 dengan didampingi pelatih Neil Critchley.

Berikut sejumlah fakta mengejutkan setelah Liverpool dipermak Aston Villa:

Kekalahan Pertama Liverpool

Ini menjadi kekalahan pertama Liverpool dalam 19 pertandingan terakhir. Sebelumnya, The Reds mencatatkan 16 kemenangan dan tiga kali imbang.

Kekalahan Terbesar Liverpool

Melansir BBC, ini menjadi kekalahan terbesar Liverpool sejak September 2017. Kala itu, Liverpool juga dihancurkan dengan skor yang sama oleh Manchester City.

Tim Termuda Sepanjang Sejarah

Tim yang diturunkan Liverpool pada laga tersebut menjadi yang termuda dalam sejarah kompetisi yang juga disebut EFL Cup ini. Rata-rata usia pemainnya adalah 19 tahun 182 hari. Pemain paling senior di tim asuhan Neil Critchley itu adalah Pedro Chirivella, yang berusia 22 tahun. 

Semifinal Pertama Aston Villa

Terakhir kali Aston Villa melaju ke babak semifinal Piala Liga Inggris pada edisi 2012/2013. Bagi Liverpool, kegagalan ini menjadi yang pertama juga sejak 2007/2008.

Kemenangan Kedua

Ini menjadi kemenangan kedua Aston Villa dalam 21 laga kandang terakhir melawan Liverpool di semua kompetisi (D5 L14), mengakhiri enam kekalahan beruntun dari Liverpool di kandang. (ase)