Fakta, Ronaldo Korea adalah Musuh Guardiola Sebenarnya

Winger Tottenham Hotspur, Son Heung-min
Sumber :
  • Twitter/@OptaJoe

VIVA – Son Heung-min jadi salah satu bintang kemenangan Tottenham Hotspur saat melibas juara bertahan, Manchester City. Menjamu City di Tottenham Hotspur Stadium dalam laga pekan ke-25 Premier League 2019/2020, pasukan Jose Mourinho menang 2-0, Senin 3 Februari 2020.

Winger berpaspor Korea Selatan ini mampu menggandakan keunggulan The Lilywhites pada menit 71. Gol  dicetak Son setelah sebelumnya bintang anyar, Steven Bergwijn, lebih dulu membuka keunggulan pada menit 63.

Siapa sangka, bintang yang sering dijuluki "Ronaldo Korea" ini punya catatan apik khusus pada saat pertemuannya dengan City, di bawah komando Pep Guardiola. Mengapa demikian?

Catatan Opta membuktikan bahwa Son adalah salah satu pemain yang paling banyak membobol gawang The Citizens di era Guardiola di semua ajang. Sejak Guardiola datang ke Etihad Stadium musim 2016/2017, tercatat Son sudah mencetak lima gol dalam 10 pertemuan dengan City di semua ajang.

Musim 2016/2017, Son berhasil mencetak gol ke gawang City pada 21 Januari 2017. Setelah itu, Son mampu mencetak tiga gol dalam dua pertemuan di babak semifinal Liga Champions 2018/2019. Satu gol lainnya kembali dicetak mantan pemain Hamburg dan Bayer Leverkusen dalam laga malam tadi.

Koleksi lima gol yang dicetak pemain 27 tahun ini, cuma kalah dari striker buas Leicester City, Jamie Vardy. Vardy mampu mencetak enam gol ke gawang The Sky Blues khusus di era Guardiola.

Kemenangan atas City membawa Tottenham melesat naik ke peringkat lima klasemen dengan koleksi 37 poin. Raihan ini terpaut empat poin dengan Chelsea di posisi keempat, atau zona Liga Champions musim depan.