3 Rekor Mbwana Samatta, Orang Tanzania Pertama di Premier League

Striker Aston Villa, Mbwana Samatta
Sumber :
  • Twitter/@OptaJoe

VIVA – Aston Villa memang kalah dalam laga terakhirnya melawan AFC Bournemouth. Namun, ada rekor yang dibuat oleh klub yang berbasis di kota Birmingham atas nama klub dan pemain barunya, Mbwana Samatta.

Bertandang ke Vitality Stadium dalam laga pekan ke-25 Premier League 2019/2020, anak asuh Dean Smith kalah 1-2 dari Bournemouth, Sabtu 1 Februari 2020. Sumbangan gol Philip Billing (33) dan Nathan Ake (44), hanya bisa dibalas satu gol Samatta (70).

Meski demikian, pasca hasil negatif yang diterima The Villans, ada tiga rekor yang ditorehkan. Menurut catatan Opta, Villa adalah tim yang menyumbang pemain dari negara ke-117 yang bermain di Premier League.

Dia adalah Samatta. Striker anyar Villa asal Tanzania yang baru diboyong dari klub elite Belgia, KRC Genk. Striker berusia 27 tahun ini jadi pemain Tanzania pertama sepanjang sejarah 27 tahun kompetisi kasta tertinggi Inggris.

Tak cuma itu, Samatta yang langsung mencetak gol dalam laga debutnya juga mencatat rekor sebagai pemain Tanzania pertama yang membuat gol di Premier League.

Samatta sendiri direkrut pemegang tujuh gelar First Division (format sebelum Premier League) dari Genk dengan dana tebusan sebesar 8,5 juta Poundsterling, atau senilai dengan Rp151,9 miliar. 

Sebelum bergabung dengan Villa, Samatta tampil cukup impresif bersama Genk. Menurut catatan statistik Worldfootball.net, selama lima musim membela Genk, Samatta mampu mencetak 75 gol dalam 191 penampilannya di semua ajang.

Selain itu, Samatta juga ikut membawa armada De Smurfen meraih gelar juara Belgian First Division A 2018/2019, serta Piala Super Belgia 2018.