Penyebab Arsenal Kalah dari Tim Papan Bawah

Gelandang Arsenal, Granit Xhaka, dan Mikel Arteta
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Arsenal gagal mempertahankan tren positifnya usai menyerah dari Aston Villa dalam pertandingan lanjutan Premier League 2019/20 pekan ke-37, Rabu 22 Juli 2020, dini hari WIB. Sebab, pada laga yang berlangsung di Villa Park tersebut, Arsenal kalah 0-1 dari tuan rumah.

Rasa kecewa jelas dirasakan oleh manajer Arsenal, Mikel Arteta, jika melihat hasil dari laga tersebut. Terlebih, di sepanjang pertandingan itu, The Gunners sama sekali tak bisa membuat satu pun tembakan yang tepat sasaran ke arah gawang Aston Villa.

Pierre-Emerick Aubameyang cs, tak mampu melesakkan tendangan ke arah gawang Aston Villa, meski memiliki enam kali kesempatan. Padahal, hampir sekitar 70 persen penguasaan bola dicatatkan oleh Arsenal.

Menurut Arteta, buruknya performa Arsenal di laga kontra Villa karena pemainnya sudah terlalu lelah, baik secara fisik dan juga mental. Selain itu, ia merasa, Arsenal sedang berada di pekan yang teramat berat.

Diektahui, beberapa hari lalu tepatnya pada Kamis 16 Juli 2020, Arsenal baru saja kedatangan Liverpool di Emirates Stadium. Kemudian, 3 hari setelahnya, Arsenal menantang Manchester City di laga semifinal Piala FA.

Hebatnya, dalam 2 laga melawan dua raksasa Premier League itu, Arsenal mampu meraih kemenangan. The Gunners menang 2-1 atas Liverpool dan saat menghadapi ManCity, Arsenal menang 2-0. Namun, dini hari tadi, Arsenal justru takluk dari tim papan bawah.

Arteta menilai, fisik dan mental anak asuhnya sudah habis ketika menghadapi Liverpool dan ManCity. Maka dari itu, saat menantang Aston Villa, permainan terbaik Arsenal tidak keluar sehingga mereka kalah 0-1.

Meski kecewa dengan hasil ini, Arteta tetap menyanjung tekad yang sudah diperlihatkan oleh pemain Arsenal. Ia senang melihat skuad besutannya tetap berjuang dan tak menyerah hingga pertandingan berakhir.

"Secara emosional dan fisik, ini merupakan pekan yang sangat berat. Akan tetapi, saya melihat tim ini ingin terus bertarung sampai akhir. Saya tidak begitu kecewa dengan sikap yang ditunjukkan para pemain," kata Arteta, seperti dikutip Football London, Rabu 22 Juli 2020.

Selain karena faktor kelelahan, Arteta juga mengatakan, penampilan hebat yang ditunjukkan Aston Villa di laga tersebut menjadi alasan Arsenal bisa kalah. Arteta pun mengucapkan selamat kepada Villa atas penampilan luar biasa mereka.

"Aston Villa benar-benar merepotkan karena kami tidak memiliki kondisi fisik yang bugar. Selamat kepada Villa karena mereka bisa melewati berbagai tekanan dan memenangkan pertandinfgan," ujarnya.

Kemenangan atas Arsenal membuat Aston Villa untuk sementara keluar dari zona degradasi dengan menempati urutan ke-17. Namun, posisi Villa masih belum aman karena mereka perlu memenangkan laga pamungkas untuk memastikan diri bertahan di Premier League.

Baca Juga:

Kalahkan Arsenal, Aston Villa Keluar dari Zona Degradasi

Hasil Lengkap Pertandingan, Rabu 22 Juli 2020 Dini Hari WIB