Sedih, 5 Bintang EPL yang Tak Dapat Medali saat Timnya Juara

Winger Liverpool, Mohamed Salah
Sumber :
  • Twitter/@LFC

VIVA – Premier League musim 2019/20 segera mencapai puncaknya. Liverpool akan mengangkat trofi juara musim ini usai meladeni perlawanan Chelsea di Anfield, Kamis dini hari WIB, 23 Juli 2020.

Selayaknya juara, setiap pemain akan diberikan medali sebagai tanda bahwa dia menjadi bagian dari tim juara tersebut. Namun, Premier League memiliki aturan sendiri yang menjadi syarat pemain bisa mendapat medali juara.

Menurut peraturan baru yang berlaku mulai 2012, setiap pemain setidaknya menorehkan lima penampilan dalam semusim. Sebelumnya, tiap pemain harus tampil minimal 10 kali. Kalau jumlahnya kurang, dia tak berhak mendapat medali juara.

Dalam skuad Liverpool saat ini, setidaknya ada dua pemain yang tak diberikan medali. Keduanya adalah pemain muda, yakni Harvey Elliott dan Curtis Jones. Mereka sama-sama belum memenuhi persyaratan lima penampilan.

Elliott dan Jones pantas sedih. Namun, tak hanya mereka yang merasakan hal tersebut.

Berikut lima pemain yang tak dapat medali juara di saat timnya keluar sebagai jawara Premier League, dikutip The Sun:

1. Gary Neville


Tentu sangat aneh melihat mantan kapten Manchester United itu masuk ke daftar ini. Sebab, sepanjang kariernya dia berhasil mengoleksi delapan medali juara Premier League.

Tapi, seharusnya dia bisa mendapatkan 10 medali. Sayangnya, pemain yang debut bersama MU di musim 1992 itu gagal mendapatkan medali tersebut saat Setan Merah juara di musim 1993/94 dan 2009/10 di mana dia cuma mencatatkan satu dan empat penampilan.

2. Mohamed Salah
Pemain asal Mesir ini menjadi ujung tombak dan aktor utama di balik kesuksesan Liverpool merebut gelar juara Premier League musim ini. Tapi, seharusnya ini jadi gelar kedua Salah di kompetisi kasta tertinggi Inggris.

Sebelum merumput di Anfield, Salah pernah tampil bersama Chelsea pada 2014/15. Di musim itu, The Blues tampil sebagai juara. Sayangnya, Salah cuma menorehkan tiga penampilan lantaran dipinjamkan ke Fiorentina sehingga dia tak dapat medali juara.

3. Nemanja Matic


Matic merupakan kunci kesuksesan Chelsea menjuarai Premier League 2014/15 dan 2016/17. Dia tampil konsisten sebagai gelandang bertahan yang tangguh sebagai pertahanan pertama sebelum pemain lawan masuk ke wilayah timnya.

Tapi, seharusnya Matic mengoleksi tiga medali juara. Sebab, musim pertamanya bersama Chelsea bukanlah 2014.

Sebelumnya, dia pernah berseragam The Blues pada musim 2009/10 di mana menjadi juara di akhir musim. Namun, dia gagal menembus tim utama dan hanya mencatatkan dua penampilan di musim tersebut.

4. Micah Richards


Pemain berpaspor Inggris ini jadi salah satu kunci rapatnya pertahanan Manchester City saat juara di musim 2012. Kala itu, dia menjadi andalan Roberto Mancini di lini pertahanan.

Namun, kontribusi Richards menurun drastis di musim 2013/14 di mana The Citizens kembali mengklaim gelar juara. Dia hanya mencatatkan dua penampilan akibat dibekap cedera dan tak berhak mendapat medali juara.

5. Andrej Kramaric
Mungkin para pencinta sepakbola masih ada yang tak mengenal Kramaric. Namun, pemain asal Kroasia sempat menjadi pembelian termahal Leicester City saat didatangkan pada 2014/15 sebesar £9 juta.

Sayangnya, dia gagal bersinar dan kerap menghuni bangku cadangan. Akhirnya, di musim berikutnya, dia dipinjamkan ke Hoffenheim.

Sialnya, di akhir musim The Foxes berhasil mewujudkan dongeng dengan jadi juara Premier League. Dan Kramaric gagal mengklaim medali lantaran hanya diberi kesempatan tampil sebanyak dua pertandingan.