4 Fakta Yang Jarang Diketahui soal Trofi dan Medali Premier League

Trofi Premier League
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Trofi Premier League diketahui merupakan hadiah utama yang diperebutkan 20 klub selama lebih dari 38 pertandingan. Dan di musim ini, trofi Premier League berhasil dimenangkan oleh Liverpool.

Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya ada lebih dari satu trofi Premier League? Dilansir laman resmi Premier League, berikut ini fakta menarik tentang trofi Premier League:

2 Trofi Premier League
Ada dua trofi identik dan termasuk tempat ukiran daftar nama para juara Premier League sebelumnya. Satu trofi untuk sang juara terbaru dan satu trofi lainnya dipegang oleh pihak Premier League.

Selanjutnya sang juara harus mengembalikan trofi tersebut ke pihak Premier League setidaknya tiga minggu sebelum pertandingan liga terakhir mereka di musim kompetisi.

Ukuran Trofi
Setiap Trofi memiliki tinggi 104 cm dan lebar 61 cm. Menariknya, berat total setiap trofi mencapai 25,4 kg. Ini sudah termasuk tempat ukiran nama-nama juara yang memiliki berat mencapai 15,9 kg.

Bahan Trofi
Trofi tersebut dibuat oleh Asprey London, Crown Jewellers, dengan tubuh trofi terbuat dari perak murni. Mahkota di trofi merupakan berasal dari emas 24 karat.

Sementara dasar trofi dibuat dari perunggu, batu semi mulia yang ditemukan di Afrika, dengan warna hijau yang menggambarkan lapangan pertandingan.

Desain Trofi
Desain Trophy didasarkan pada tema "The Three Lions of English Football". Dua singa berada di atas gagang di kedua sisi trofi. 

Ketika kapten tim pemenang gelar juara mengangkat Trofi saat selebrasi pada akhir musim, dan mahkota emasnya terletak di atas kepalanya, ia menjadi singa ketiga.

Medali Juara
Para juara juga diberikan 40 medali yang terbuat dari perak, yang berdiameter 5,7 cm. Medali itu dibagikan kepada manajer, pemain dan ofisial sesuai keinginan klub. 

Setiap pemain yang telah membuat setidaknya lima penampilan Premier League selama musim, berhak mendapatkan satu medali juara.

Medali tambahan hanya dapat diberikan dengan persetujuan Dewan Premier League. Dan itu hanya akan diberikan jika lebih dari 39 pemain telah membuat setidaknya lima penampilan semusim.

Baca juga:
Bukan Liverpool dan MU, 3 Klub Premier League Dekati Coutinho
Bintang ManCity Ingin Bikin Titisan Ronaldo Menangis di Liga Champions
23 Fakta Unik dan Aneh Premier League Musim Ini