Akselerasi Aubameyang Bikin Liverpool Menderita di Babak I

Arsenal merayakan gol ke gawang Liverpool di Community Shield
Sumber :
  • Twitter/@Arsenal

VIVA – Riuh Premier League mulai kembali terdengar. Itu diawali dari duel Community Shield yang mempertemukan Arsenal versus Liverpool di Wembley Stadium, Sabtu 29 Agustus 2020. Untuk sementara, Arsenal unggul di babak pertama.

Seperti biasanya, Community Shield mempertemukan juara Premier League kontra juara Piala FA. Bedanya, laga ini masih digelar tanpa penonton lantaran berada di tengah pandemi virus corona COVID-19.

Sejak awal, duel langsung berjalan dengan tempo tinggi. Liverpool coba mengambil dominasi bola. Sementara, Arsenal fokus mempertahankan wilayahnya dari ancaman trio Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino.

Tekanan demi tekanan dilancarkan anak-anak asuh Juergen Klopp di 10 menit pertama. Beruntung, bek The Gunners masih sigap dalam menghalau tiap serangan.

Peluang terbaik The Reds hadir di menit 12. Neco Williams mengirim umpan ke kotak penalti Arsenal dan disambut dengan tandukan oleh James Milner. Namun, masih belum menemui sasaran.

Tak sampai semenit, malah Arsenal yang mencetak gol pertama di laga ini. Kegagalan Milner dimanfaatkan Tim Meriam London untuk melakukan serangan balik yang berujung eksekusi sempurna dari Pierre-Emerick Aubameyang ke pojok kanan gawang.

Arsenal kembali mengancam enam menit usai gol perdananya. Bukayo Saka yang jadi kreator hampir mencatatkan assists keduanya di laga ini setelah umpannya diterima Eddie Nketiah. Namun, Alisson bergerak lebih cepat untuk mengamankan gawangnya.

Peluang tersebut jadi yang terakhir bagi Arsenal lantaran tak lama kemudian, Fabinho cs kembali mengambil alih kontrol pertandingan. Sialnya, mereka tak mampu mencatatkan tembakan ke gawang yang membuat keunggulan 1-0 pasukan Mikel Arteta bertahan hingga turun minum.

Susunan pemain

Arsenal: Emiliano Martinez (PG); Rob Holding, David Luiz, Kieran Tierney, Hector Bellerin, Mohamed Elneny, Granit Xhaka, Ainsley Maitland-Niles, Bukayo Saka, Eddie Nketiah, Pierre-Emerick Aubameyang.

Liverpool: Alisson Becker (PG); Neco Williams, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andrew Robertson, James Milner, Fabinho, Georginio Wijnaldum, Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.