Hempaskan Liverpool, Arsenal Juara Community Shield

Arsenal juara Community Shield 2020
Sumber :
  • Twitter/@Arsenal

VIVA – Duel ketat Community Shield mempertemukan Arsenal versus Liverpool di Wembley Stadium, Sabtu 29 Agustus 2020. Arsenal menjadi juara setelah mengalahkan Liverpool lewat adu penalti.

Seperti biasanya, Community Shield mempertemukan juara Premier League kontra juara Piala FA. Bedanya, laga ini masih digelar tanpa penonton lantaran berada di tengah pandemi virus corona COVID-19.

Sejak awal, duel langsung berjalan dengan tempo tinggi. Tekanan demi tekanan dilancarkan anak-anak asuh Juergen Klopp di 10 menit pertama. Beruntung, bek The Gunners masih sigap dalam menghalau tiap serangan.

Peluang terbaik The Reds hadir di menit 12. Neco Williams mengirim umpan ke kotak penalti Arsenal dan disambut dengan tandukan oleh James Milner. Namun, masih belum menemui sasaran.

Tak sampai semenit, malah Arsenal yang mencetak gol pertama di laga ini. Kegagalan Milner dimanfaatkan Tim Meriam London untuk melakukan serangan balik yang berujung eksekusi sempurna dari Pierre-Emerick Aubameyang ke pojok kanan gawang.

Arsenal kembali mengancam enam menit usai gol perdananya. Bukayo Saka yang jadi kreator hampir mencatatkan assists keduanya di laga ini setelah umpannya diterima Eddie Nketiah. Namun, Alisson bergerak lebih cepat untuk mengamankan gawangnya. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Tertinggal satu gol, Liverpool tanpa basa-basi langsung menggempur pertahanan The Gunners sejak awal babak kedua. The Reds mendapatkan peluang dari Roberto Firmino di menit 51 namun tembakannya masih menyamping di sisi kanan gawang Arsenal.

Lima menit berselang, giliran Sadio Mane yang mengacak-acak pertahanan The Gunners. Beruntung, kali ini Martinez dengan cepat menutup ruang tembak Mane.

Sejumlah perubahan dilakukan kedua tim ketika laga berjalan satu jam. Liverpool memasukkan Takumi Minamino guna menambah daya gedor.

Hasilnya tepat. Pemain asal Jepang itu mencetak gol pertamanya buat Liverpool dan menyamakan kedudukan di menit 73.

Kedua tim gagal memaksimalkan peluang yang ada di sisa waktu normal. Skor 1-1 membuat laga dilanjutkan ke babak adu penalti.

Mohamed Salah jadi penendang pertama di babak adu penalti. Penyerang asal Mesir itu menuntaskan tugasnya dengan sempurna dan mengecoh Martinez.

Di kubu Arsenal, Reiss Nelson yang mengambil peran tersebut. Dia dengan santai melepaskan tembakan ke pojok kiri gawang.

Secara berturut-turut, Liverpool mengirimkan Fabinho, Rhian Brewster, Minamino, dan Curtis Jones. Sialnya, tembakan Brewster membentur mistar gawang.

Sedangkan, The Gunners menurunkan Ainsley Maitland-Niles, Cedric Soares, David Luiz, dan Aubameyang. Kelimanya menunaikan tugas dengan sempurna.

Hasil ini membuat Arsenal menang 5-4 lewat adu penalti dan berhak mengklaim Community Shield 2020.

Susunan pemain

Arsenal: Emiliano Martinez (PG); Rob Holding, David Luiz, Kieran Tierney (Sead Kolasinac 83'), Hector Bellerin (Cedric Soares 59'), Mohamed Elneny, Granit Xhaka, Ainsley Maitland-Niles, Bukayo Saka (Joe Willock 82'), Eddie Nketiah (Reiss Nelson 82'), Pierre-Emerick Aubameyang.

Liverpool: Alisson Becker (PG); Neco Williams (Takumi Minamino 59'), Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andrew Robertson, James Milner (Naby Keita 59'), Fabinho, Georginio Wijnaldum (Rhian Brewster 90'), Mohamed Salah, Roberto Firmino (Curtis Jones 83'), Sadio Mane.