"Bioskop Sudah Boleh Dibuka, Kenapa Stadion Belum?"

Markas Manchester United, Old Trafford
Sumber :
  • Zimbio.com

VIVA – Direktur Manchester United, Ed Woodward mempertanyakan kebijakan pemerintah Inggris seputar rencana dibukanya kembali stadion untuk suporter. Pasalnya, rencana itu kembali ditunda dan pertandingan dipaksa tanpa penonton.

Sebelumnya, MU telah bersiap untuk mengizinkan suporter kembali ke Old Trafford saat pertandingan paling lambat 1 Oktober 2020. Mereka sudah memasang titik masuk tanpa kontak dan tindakan pengamanan kesehatan ketat lainnya.

Baca: Utang MU Meningkat Akibat Pendapatan Menurun di Tengah Pandemi

Tetapi pemerintah Inggris menunda tanggal pembukaan stadion sepakbola untuk penonton dan suporter. Rencana ditunda hingga Maret 2021 mendatang. Penundaan ini disebabkan tingkat infeksi COVID-19 terus meningkat di seluruh negeri.

Dengan suporter yang sudah diperbolehkan masuk saat laga di mayoritas  pertandingan di seluruh Eropa, Woodward pun mempertanyakan mengapa klub tidak dapat melakukan hal yang sama di Inggris. Dia pun membandingkan aturan ini dengan pembukaan kembali bioskop dan teater.

"Kami memiliki rencana yang sangat maju soal ini (suporter bisa ke stadion). Kami yakin dengan kemampuan kami dan seluruh klub untuk melakukan protokol kesehatan yang ketat," Woodward dilansir Tribal Football, Kamis 22 Oktober 2020.

"Massa telah diizinkan kembali ke stadion di lebih dari 20 negara Eropa, meskipun dengan pembatasan kapasitas yang signifikan untuk memungkinkan jarak sosial. Kami mendesak pemerintah Inggris untuk mengikuti contoh positif seperti ini segera."

Woodward mengakui, kesehatan masyarakat menjadi prioritas semua pihak. Hanya saja, Woodward mempertanyakan pendekatan yang kurang tepat dan tidak konsisten oleh pemerintah Inggris. Hal inilah yang dikritik Woodward.

“Kami menyadari bahwa kesehatan masyarakat harus selalu menjadi prioritas, tapi dibutuhkan adalah konsistensi pendekatan dari pemerintah. Jika orang diperbolehkan duduk di pesawat selama berjam-jam, atau di bioskop, atau bahkan menonton sepakbola di bioskop, mengapa tidak boleh di stadion yang dikelola dan dikendalikan secara profesional?"

"Jika konser indoor diizinkan, mengapa suporter sepakbola outdoor yang berjarak secara sosial diperlakukan berbeda? Suporter adalah dasar dari permainan ini. Dan ketidakkonsistenan aturan membuat frustrasi bagi mereka dan klub."