Edinson Cavani Didenda Rp1,9 Miliar Gara-gara Postingan Instagram

Selebrasi Edinson Cavani usai bobol gawang Southampton
Sumber :
  • twitter.com/brfootball

VIVA – Bomber Manchester United, Edinson Cavani dijatuhi hukuman skorsing tiga pertandingan Premier League dan denda £100 ribu (Rp1,9 miliar). Hukuman ini dijatuhkan Federasi Sepakbola Inggris (FA) karena postingan Cavani di Instagram.

Cavani membuat unggahan yang dituding menampilkan istilah rasial setelah kemenangan 3-2 MU atas Southampton pada 29 November 2020. SStriker 33 tahun itu menulis kata-kata yang dianggap kurang pantas: ‘Terima kasih negritos (yang berarti kulit hitam kecil).’

Meski Cavani mengaku tak ada niat rasis di postingan itu, tetap saja, dia dijatuhi hukuman. Cavani yang bergabung dengan MU pada Oktober 2020 lalu pun akan melewatkan laga melawan Aston Villa, Manchester City dan Watford

"Komentar yang diposting di Instagram penyerang MU itu menghina, kasar, tidak pantas, dan membawa permainan ini ke dalam reputasi yang bertentangan dengan Peraturan FA E3.1," bunyi pernyataan resmi FA dilansir SkySports.

"Unggahannya itu juga merupakan pelanggaran buruk yang didefinisikan dalam Peraturan FA E3.2, karena di dalamnya termasuk referensi, baik tersurat maupun tersirat, pada warna kulit dan atau ras dan atau asal etnis."

Sementara itu, pihak MU menekankan tidak ada niat rasis di unggahan Cavani tersebut dan mengatakan dalam pernyataan klub: "Seperti yang telah dia nyatakan, Cavani tidak menyadari bahwa kata-katanya bisa disalahartikan."

"Dan dia dengan tulus meminta maaf atas postingannya itu dan kepada siapa pun yang tersinggung. Dia memilih untuk tidak mengajukan banding karena menghormati FA dan mendukung perjuangan melawan rasisme dalam sepakbola."