Sadio Mane Cetak Gol, Liverpool Buka Pintu Menuju Liga Champions

Selebrasi Sadio Mane usai cetak gol ke gawang Crystal Palace
Sumber :
  • twitter.com/LFC

VIVA – Liverpool menjamu Crystal Palace dalam pekan ke-38 Premier League, Minggu malam WIB 23 Mei 2021. Di babak pertama ini, The Reds sementara unggul 1-0 lewat gol Sadio Mane.

Tuan rumah yang membutuhkan kemenangan guna mengamankan tiket ke Liga Champions langsung tancap gas sejak awal. Skuad asuhan Juergen Klopp coba terus memberi tekanan ke lini pertahanan Crystal Palace.

Tapi, gawang Liverpool terancam ketika pertandingan memasuki menit 14. Penyerang Crystal Palace, Andros Towsend mencuri bola dari kaki Nathaniel Phillips dan langsung melakukan dribel sampai melepaskan tembakan. Sayang tendangannya masih melenceng dari sasaran.

Klopp nampak risau dengan kesalahan elementer yang dilakukan Phillips. Dari pinggir lapangan dia memberikan gestur yang meminta anak asuhnya untuk fokus. Jangan sampai mereka melakukan blunder fatal.

Setelah momen itu, Liverpool kembali menggalang dominasi permainan. Mohamed Salah dan Sadio Mane yang beroperasi di sisi sayap penyerangan jadi andalan untuk melakukan akselerasi. Beberapa peluang tercipta, tapi penyelesaian akhir belum sempurna.

Terus mendapat tekanan dari Liverpool, para pemain Crystal Palace menggalang pertahanan yang rapat. Mereka tak mau kecolongan begitu saja. Sering kali ada tujuh sampai delapan pemain mereka yang turun ke garis pertahanan untuk membendung serangan tuan rumah.

Upaya Liverpool akhirnya membuahkan hasil positif. Pada menit 36, Mane mencatatkan namanya di papan skor usai meneruskan operan yang diberikan oleh Roberto Firmino.

Keunggulan ini memberi kenyamanan kepada The Reds. Karena mereka memiliki peluang besar untuk merebut tiket menuju Liga Champions musim depan.

Dua pesaing mereka dalam perebutan tiket Liga Champions, Chelsea dan Leicester City belum unggul di babak pertama ini. Chelsea melawat ke Aston Villa dan tertinggal 0-1. Sedangkan Leicester imbang 1-1 melawan Tottenham.

Susunan Pemain

Liverpool: Alisson; Andy Robertson, Rhys Williams, Nathaniel Phillips, Tren Alexander-Arnold, Fabinho, Georginio Wijnaldum, Thiago Alcantara, Roberto Firmino, Sadio Mane, Mohamed Salah.

Crystal Palace: Vicente Guaita; Gary Cahill, James Tomkins, Tyrick Mitchell, Joel Ward, James McCarthy, Jairo Riedewald, Cheikhou Kouyate, Jordan Ayew, Wilfried Zaha, Andros Towsend.