Chelsea Beruntung, Lolos Liga Champions Meski Tumbang di Kandang Villa

Aston Villa vs Chelsea
Sumber :
  • instagram

VIVA – Chelsea melenggang ke Liga Champions musim depan. Mereka dipastikan melaju meski dalam pertandingan terakhir Premier League tumbang di tangan Aston Villa.

Dalam laga yang dilangsungkan di Villa Park, Minggu 23 Mei 2021, Chelsea kalah 1-2. Walau demikian mereka tetap bisa finis di empat besar karena rivalnya, Leicester City, juga takluk oleh Tottenham Hotspur.

Melawan Villa, Chelsea idealnya bisa menang untuk menjamin tiket Liga Champions, bermain ngotot dari awal. Mereka berusaha keras mendikte permainan.

Cuma Villa juga tampil solid. Bermain di depan publiknya, The Villas mengimbangi permainan anak-anak Thomas Tuchel. Meski tidak terlalu banyak membuat penguasaan bola, tapi Villa bisa memberikan ancaman ke pertahanan The Blues.

Total di babak pertama, Chelsea bisa melepaskan empat tembakan, dan semuanya berhasil mengarahkan ke gawang. Cuma memang belum ada satu pun yang membuahkan gol.

Nasib apes menghampiri Chelsea di menit 42. Mereka secara mengejutkan kebobolan dan tertinggal 0-1.

Bertrand Traore mengojak jala Edouard Mendy. Dia melepaskan tembakan ke pojok atas gawang, setelah mendapatkan umpan datar sepak pojok Matt Targett. Skor 0-1 bagi Villa bertahan sampai turun minum.

Pada babak kedua, Chelsea semakin dibuat ketar-ketir. Mereka tertinggal 0-2 di menit 52. Anwar El Ghazi mencetak gol dari titik putih. Hadiah tendangan 12 pass diberikan setelah Jorginho melanggar Traore di dalam kotak terlarang.

Ketinggalan dua gol bikin Chelsea semakin menggebu untuk mengejar. Mereka tambahan menekan Villa. Dan di menit 70, Ben Chilwell memperkecil ketinggalan timnya menjadi 2-1. Dia mencetak gol setelah melakukan kerja sama satu-dua dengan Cristian Pulisic.

Dalam posisi masih tertinggal dan waktu yang sangat sempit, menit 89, Chelsea malah harus bermain dengan 10 orang. Kapten Cesar Azplicueta dikartu merah setelah ribut dan mendorong Jack Grealich.

Sampai pertandingan berakhir, kemenangan tetap menjadi milik Villa. Sungguh beruntung Chelsea karena di laga lain Leicester dibungkam Tottenham 2-4.

Chelsea pun menutup musim dengan duduk di peringkat empat dengan 67 poin. Sedangkan Villa berada di posisi 11 dengan 55 pon.

Susunan pemain: 

Aston Villa: Emiliano Martinez; Ezri Konsa, Kortney Hause, Tyrone Mings, Matt Targett; John McGinn, Marvelous Nakamba; Bertrand Traore (Carney Chukwuemeka 73), Jack Grealish, Anwar El Ghazi (Jacob Ramsey 79); Ollie Watkins.

Chelsea: Edouard Mendy (Kepa Arrizabalaga 46); Reece James, Thiago Silva, Antonio Rudiger; Cesar Azpilicueta, Mateo Kovacic (Kai Havertz 66), Jorginho (Hakim Ziyech 60), Ben Chilwell; Christian Pulisic, Timo Werner, Mason Mount.