Alasan Klopp di Balik Uji Coba 2x30 Menit Liverpool

Manajer Liverpool, Juergen Klopp.
Sumber :
  • liverpoolfc.com

VIVA – Liverpool akan menjalani uji coba pramusim pada Selasa malam WIB 20 Juli 2021. Ini masuk dalam rangkaian persiapan mereka selama pemusatan latihan di Austria.

Dalam uji coba tersebut, Liverpool akan menantang dua tim sekaligus. Pertama adalah FC Wacker Innsbruck lalu kemudian VFB Stuttgart.

Kedua tim dijajal kemampuannya oleh Liverpool selama 30 menit. Itu artinya, pertandingan The Reds cuma 2x30 menit.

Sebuah hal yang baru dilakukan oleh Liverpool. Namun manajer Juergen Klopp punya alasan kuat mengapa memilih opsi tersebut.

"Saya sangat senang kami bisa melakukan itu, sungguh. Kami biasanya tidak menemukan lawan untuk itu karena mereka akan berkata 'Apa yang kami ingin dapatkan dengan 30 menit?' Tapi, kami memiliki waktu istirahat tujuh pekan. Jadi, memang tidak semua, tapi cukup banyak, empat sampai lima orang yang istirahatnya panjang," kata Klopp, dikutip dari laman resmi klub.

"Jadi kami memutuskan untuk tidak bermain terlalu dini. Kami ingin memberi diri kami waktu untuk masuk, menilai intensitas latihan terus-menerus," imbuh juru taktik asal Jerman tersebut.

Diakui Klopp, ketika mendapatkan lawan yang mau bermain dalam 30 menit per babaknya, dia merasa sangat senang. Karena ini bukan cuma sekadar mengembalikan kondisi pemain, tapi ada misi yang dituju.

Klopp mau anak asuhnya bermain semaksimal mungkin menerapkan gaya menyerang dalam uji coba nanti. Tapi, melihat sedikitnya waktu istirahat, di mana banyak pemain baru kembali dari tugas internasional, 30 menit adalah waktu yang tepat mereka memainkan gaya menyerang total.

"Saya lebih suka kali ini kami cuma bermain selama 30 menit dengan semua yang kami miliki, benar-benar tanpa istirahat," tutur Klopp.

"Tapi ini adalah awal bagi kami dalam bermain dan saya sangat senang kami menemukan dua lawan yang mengatakan, ide 30 menit adalah yang sangat bagus."