Arsenal vs MU, Tak Hanya Sekadar Kejar Poin

Para Pemain Veteran di Sepakbola Eropa
Sumber :
  • REUTERS/Darren Staples

VIVAbola - Manchester United dan Arsenal akan bentrok dalam lanjutan Premier League malam ini, Minggu, 22 Januari 2012. Pertandingan ini diprediksi bakal berjalan seru dan panas mengingat kedua tim sama-sama berambisi merebut tiga poin.

Bagi Arsenal, laga ini merupakan kesempatan untuk membalas perlakuan MU pada mereka Agustus lalu. Saat itu, Setan Merah berhasil mengalahkan The Gunners 8-2 pada ajang Premier League. Ini telah menyisakan catatan buruk bagi pasukan Arsene Wenger.

Beruntung sejak saat itu penampilan Arsenal terus meningkat. Begitu juga dengan aksi penyerang andalannya, Robin Van Persie. RVP semakin bersinar dengan koleksi 18 gol dari 21 laga. 

Menghadapi MU kali ini, Arsenal juga semakin percaya diri karena laga akan digelar di Emirates yang mulai menunjukkan keangkerannya kembali. Musim ini, Arsenal baru sekali menelan kekalahan di Emirates yakni saat bertemu Liverpool Agustus lalu. Dalam duel ini, tuan rumah menyerah 0-2.

Motivasi lain yang membangkitkan semangat Arsenal adalah persaingan di papan klasemen. Saat ini Arsenal berada di urutan kelima dengan 36 poin. Sedangkan MU berada di peringkat kedua dibawah Manchester City dengan perolehan 48 poin.

Jika Arsenal bisa menang melawan Manchester United nanti, mereka tidak hanya mendapat tiga poin penuh tapi juga mental untuk meraih juara kembali terbuka. Tapi sebaliknya, jika kalah peluang Arsenal untuk berlaga di Liga Champions tahun depan semakin tipis. Di pertandingan terakhir Premier League, tim asuhan Wenger secara mengejutkan kalah dari tim promosi, Swansea dengan skor 2-3.

Kondisi sang lawang, MU juga sedang membaik. Setelah dipermalukan Newcastle United 0-3, Patrice Evra dan kawan-kawan berhasil bangkit dengan dua kemenangan beruntun. Mereka berhasil membalaskan dendam ke ManCity dengen mengalahkan mereka di babak ketiga FA CUP dengan skor 3-2. Kemudian mereka membantai Bolton Wanderers 3-0.

Dengan kembalinya pemain veteran, Thierry Henry dan Paul Scholes. Laga ini juga akan menjadi saksi siapakah pemain yang paling berpengaruh untuk masing-masing tim. Apakah Henry atau Scholes? Henry sendiri menyatakan pemain terbaik Manchester United sepanjang masa adalah Paul Scholes.

"MU selalu mempunyai pemain yang bertalenta tinggi, tapi kapanpun kami harus menghadapi mereka. Kami selalu takut dengan apa yang akan dilakukan Paul Scholes di lapangan. Dia sangat luar biasa," tutur Henry seperti dikutip dari situs resmi klub.

"Jika anda membiarkan ia bermain secara leluasa di lapangan, maka ia akan menyusahkan anda. Dia tidak boleh diremehkan. Satu saja bola jatuh di kakinya, ia langsung bisa menyarangkan gol. Cara dia membawa bola sangat luar biasa, umpan-umpannya sangat akurat," tambah Henry.

Henry dipinjamkan dari klub MLS, New York Red Bull selama dua bulan dan sudah mencetak satu gol untuk Arsenal saat menghadapi Leeds United di babak ketiga FA Cup. Sedangkan Scholes juga sukses mencetak gol di dalam debutnya di Premier League saat melawan Bolton. Ia kembali dari masa pensiun untuk mengisi kekosongan di lapangan tengah yang ditinggalkan Darren Fletcher yang terpaksa harus absen sementara dari sepakbola karena penyakit yang dideritanya.

Head To Head 3 Musim Terakhir

Arsenal VS Manchester United
2011/2012
Premier League (28 Ags 2011) Man Utd 8-2 Arsenal    

2010/2011
Premier League (1 Mei 2011) Arsenal 1-0 Man Utd    
Piala FA (12 Mar 2011) Man Utd 2-0 Arsenal    
Premier League (13 Des 2010) Man Utd 1-0 Arsenal    

2009/2010
Premier League (31 Jan 2010) Arsenal 1-3 Man Utd    
Premier League (29 Ags 2009) Man Utd 2-1 Arsenal

(umi)