Keane: Pemain Arsenal Ceroboh

Robin van Persie (kiri) dan Aaron Ramsey saat Arsenal dikalahkan Sunderland
Sumber :
  • REUTERS/Nigel Roddis

VIVAbola - Kekalahan mengejutkan Arsenal dari Sunderland dengan skor 0-2 di putaran kelima FA Cup menuai kritik dari berbagai pihak. Banyak yang menyebutkan jika pemain The Gunners seperti kehilangan semangat.

Roy Keane, mantan pemain Manchester United, merupakan salah satu pihak yang mengecam permainan Robin Van Persie dan kawan-kawan. Ia mengatakan, jika kesalahan justru berada di tangan pemain, bukan manajer.

"Anda mencoba untuk bermain bagus di depan manajer dan Anda telah mengecewakannya. Ini mungkin salah satu tim terburuk Arsenal selama saya menonton sepakbola," ujar Keane seperti dilansir ITV.

“Mereka sangat ceroboh, umpan-umpan mereka sudah tidak akurat. Mereka sama sekali tidak fokus. Ini bukan kemajuan, tapi ini kemunduran,” tambahnya.

Selain itu, ia juga mengkritik keputusan sebagian besar tim Arsenal untuk memakai sarung tangan selama pertandingan. Menurut dia, pemakaian sarung tangan membuat pemain terlihat lemah dan tidak terlihat garang.

"Dari menit pertama, Anda melihat lima atau enam pemain Arsenal memakai sarung tangan. Anda berbicara tentang reaksi lawan. Saya berpikir seharusnya pemain sepakbola tidak boleh memakai sarung tangan ketika mereka sedang bermain," lanjut mantan manajer Sunderland tersebut.

Akibat kekalahan dari Sunderland, posisi manajer Arsene Wenger mulai terancam. Terlebih mereka baru saja dikalahkan AC Milan juga dengan skor telak 0-4 di Liga Champions.  Bukan tidak mungkin Wenger kembali mengalaim tekanan saat mereka menjamu rival sekota Tottenham Hotspur di laga lanjutan Premier League, Minggu, 26 Februari 2012. The Gunners sangat membutuhkan kemenangan jika tetap ingin bertahan di posisi empat besar.

Tapi itu tidak akan mudah, karena sang lawan saat ini tengah berada di puncak permainan mereka. Di musim ini Spurs menjelma sebagai salah satu tim yang sulit dikalahkan.

Terbukti saat ini mereka berada di peringkat ketiga klasemen sementara, atau satu tingkat di atas Arsenal. Pemain seperti Gareth Bale dan Luca Modric harus diawasi oleh Aaron Ramsey dan kawan-kawan. Jika tidak mereka bisa membuat Arsenal jatuh ke dalam lubang yang lebih dalam lagi. (hp).