Wenger: Kepindahan Cech Mirip Van der Sar

Kiper Arsenal, Petr Cech
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id - Arsenal kedatangan Petr Cech, setelah sang pemain tak terpakai lagi di Chelsea. Manajer The Gunners, Arsene Wenger pun menilai kepindahan pemain internasional Republik Cek itu mirip kala Edwin van der Sar digaet Manchester United.

Nasib Cech --kini 33 tahun-- di Chelsea mulai tak jelas pada musim 2014-15, di mana dia tergeser oleh juniornya Thibaut Courtois. Padahal, eks pemain Rennes tersebut merupakan sosok penting di balik kejayaan The Blues, beberapa tahun terakhir.

Sementara itu, Arsenal membutuhkan kiper matang di tim dalam menghadapi musim 2015-16. Tetapi, Mourinho dengan tegas menyatakan tak ingin menjual pemainnya ke klub rival, meski akhirnya luluh juga, di mana Cech dijual dengan harga £10 juta.

Sementara itu, Van der Sar bergabung dengan MU pada 2005, saat berusia 34 tahun. Mendapat peran di tim inti, pria asal Belanda tersebut sukses mengantarkan Setan Merah merebut empat titel Premier League dan satu Liga Champions.

"Kepindahannya agak mirip Van der Sar. Dia (van der Sar) hengkang dari Fulham ke MU, tetapi bermain enam tahun di sana. Jadi, saya tak punya alasan kenapa (Cech) tak memiliki tahun-tahun berikutnya (di Arsenal)," kata Wenger dilansir Sports Mole.

"Dia (Cech) sangat serius, berlatih dengan baik, dan tak punya masalah besar. Yang jelas, kehadirannya mengintimidasi (lawan). Dia membuat gawang terlihat kecil. Selain itu, dia juga memiliki karisma," ucap mantan manajer Nancy dan AS Monaco itu.

Cech hampir dipastikan bakal mengisi pos di bawah mistar gawang Arsenal pada musim 2015-16. Pada laga-laga pramusim, kiper berusia 33 tahun itu selalu dijadikan pemain inti. Sedangkan Wojciech Szczesny, dijual ke AS Roma. (asp)