FAKTA: Barcelona Kalah Tajam dari Tim Kuda Hitam Serie A

Ekspresi kecewa Lionel Messi usai Barcelona kalah dari Valencia
Sumber :
  • Standard.co.uk

VIVA – Sudah jatuh tertimpa tangga. Mungkin itu adalah peribahasa yang pas ditujukan kepada Barcelona. Kekalahan atas Valencia yang ditelan Lionel Messi cs, membuat posisi The Catalans di puncak klasemen digeser sang rival utama, Real Madrid.

Pasukan Quique Setien takluk 0-2 dari Valencia saat bertandang ke Mestalla Stadium, dalam laga pekan ke-21 LaLiga 2019/2020, Sabtu 25 Januari 2020. Dalam laga lainnya, Madrid berhasil menekuk Real Valladolid 1-0 kala melawat ke Estadio Jose Zorilla.

Hasil negatif yang dipetik armada Los Azulgranas membuat posisinya melorot ke urutan kedua klasemen sementara, dengan catatan 48 poin. Peringkat Barca di puncak klasemen digeser Madrid yang saat ini unggul tiga poin dari sang seteru.

Menurut catatan Laliga.com, ini jadi hasil tak memuaskan ketiga yang dipetik Barcelona dalam enam laga terakhirnya. Selain satu kekalahan dan tiga hasil seri, Barcelona juga baru meraih dua kemenangan.

Meskipun terbilang subur soal mencetak gol, Barcelona justru kalah tajam jika dibandingkan dengan tim kuda hitam Serie A, Atalanta. Meskipun sudah memperkuat lini depan dengan memboyong Antoine Griezmann dari Atletico Madrid, nyatanya pemegang 26 gelar juara LaLiga ini tak lebih buas dari pasukan Gian Piero Gasperini.

Padahal, tak sedikit dana yang digelontorkan Barca untuk mendaratkan Griezmann di Camp Nou. Direkrut dengan dana sebesar 120 juta Euro, atau setara dengan Rp1,8 triliun, eks penyerang Real Sociedad ini baru mengemas tujuh gol dalam 19 penampilannya khusus di ajang LaLiga.

Di sisi lain, Atalanta baru saja memetik kemenangan telak atas Torino dalam laga pekan ke-21 Serie A 2019/2020. Bertandang ke Stadio Olimpico Grande Torino, armada La Dea membantai tuan rumah tujuh gol tanpa balas.

Menurut data Opta, kemenangan atas Torino jadi yang pertama sepanjang sejarah 112 klub dengan margin tujuh gol. Mengutip data Legaseriea.it, catatan tujuh gol yang dibuat Atalanta menambah pundi gol Luis Muriel cs menjadi 57 gol dalam 21 laga Serie A musim ini. 

Dari catatan tersebut, jelas Atalanta lebih tajam dari Barcelona yang baru mencetak 50 gol dalam 21 pertandingan.