Berakhirnya Serie A Terpanjang dalam Sejarah

Pesta juara Serie A pemain Juventus
Sumber :
  • twitter.com/juventusfcen

VIVA – Drama panjang Serie A musim 2019/20 akhirnya resmi berakhir. Laga-laga terakhir di pekan ke-38 baru saja berlangsung semalam, Minggu 2 Agustus 2020 hingga Senin dini hari WIB.

Serie A musim ini hampir berlangsung selama setahun. Dimulai pada 24 Agustus 2019 dan baru berakhir pada 2 Agustus 2020.

Menteri Olahraga Italia, Vincenzo Spadafora bersyukur kompetisi akhirnya bisa selesai. Perlu diketahui, Serie A menjadi liga pertama yang dihentikan sementara pada Maret 2020 silam karena pandemi virus corona, yang diikuti liga lainnya di Eropa.

"Serie A terpanjang dalam sejarah ditutup hari ini. Ini merupakan tahun yang paling sulit untuk negara kami," kata Spadafora dilansir Football Italia.

Spadafora bercerita, dalam beberapa pekan kepastian mengenai kelanjutan Serie A terus diperdebatkan. Fokus Pemerintah saat itu adalah untuk bisa menangani pandemi, menambah jumlah kamar perawatan dan menyelamatkan banyak nyawa.

"Dalam beberapa pekan terakhir, kami sempat berpikir musim ini harus dibatalkan. Namun, berkat pendekatan yang baik dan protokol medis dari Federasi Sepakbola Italia (FIGC), kami tak hanya bisa melakukan restart, kami bisa menyelesaikan musim ini," ucap Spadafora.

"Saya ucapkan selamat pada Juventus yang merebut Scudetto kesembilan secara beruntun. Juga untuk Ciro Immobile yang menyamai rekor Gonzalo Higuain dengan 36 golnya, sekaligus merebut Sepatu Emas Eropa," tegasnya.

Baca juga:

Juara 9 Kali Beruntun, Juventus Masih Kalah dari 2 Tim Gurem Eropa

Rekapitulasi Lengkap Serie A Musim 2019/20

Hasil Lengkap Laga Pamungkas Serie A, 2-3 Agustus 2020