Pirlo Ditunjuk jadi Pelatih Juventus, Gattuso: Kacau

Pelatih Juventus, Andrea Pirlo.
Sumber :
  • twitter.com/juventusfc

VIVA – Pelatih Napoli, Gennaro Gattuso, memberikan komentar menggelitik saat menanggapi keputusan Juventus menunjuk Andrea Pirlo sebagai pelatih baru. Dia mengungkapkan Pirlo kini berada dalam posisi yang serba tak mengenakkan.

Pirlo dipilih menggantikan posisi Maurizio Sarri sebagai pelatih Bianconeri menyusul tersingkirnya Juventus di babak 16 besar Liga Champions. Tentunya, keputusan tersebut merupakan sebuah kejutan besar mengingat Pirlo belum pernah menangani tim besar.

Dia bahkan baru saja dipercaya menangani Juventus U-23. Tapi, tak ada angin tak ada hujan, pria 41 tahun itu tiba-tiba dinaikkan statusnya jadi pelatih tim utama.

Bagi Gattuso, Pirlo sangat berani menerima tantangan tersebut. Padahal, dia belum berpengalaman. Menurutnya, bermodalkan karier cemerlang saja tak cukup untuk menjadi pelatih yang mumpuni.

"Ya, dia pasti akan kacau sekarang. Itulah risiko pekerjaan ini," ujar eks pelatih Milan dikutip Mirror.

"Dia beruntung memulainya di Juventus. Tapi, profesi ini adalah profesi di mana memiliki karier bagus saja tak cukup. Anda harus terus belajar, bekerja keras, dan Anda tak bakal merasakan tidur cukup," lanjutnya.

Sebelum sama-sama menjadi pelatih, Pirlo dan Gattuso pernah saling membahu membela AC Milan. Keduanya jadi sosok penting di lini tengah Rossoneri dan sukses membawa Milan berjaya di kompetisi domestik juga Eropa.

Bahkan, mereka jadi pilar utama saat Timnas Italia juara Piala Dunia 2006. Pirlo jadi metronom pengatur serangan yang tak tergantikan di skuad Gli Azzurri.

"Menjadi pemain dan pelatih bukanlah hal yang sama. Ini adalah profesi yang sangat berbeda dan kami tak bisa belajar hanya dari buku. Kami perlu masuk lebih dalam agar menguasainya dan perlu kerja keras. Ini adalah dunia yang berbeda," tutur Gattuso.

Baca juga: Ngeri, Satu Personel Atletico Positif COVID-19 Berstatus Pemain