Buffon Masih Siap Tempur Sekalipun di Usia 80 Tahun

Penjaga gawang Juventus, Gianluigi Buffon
Sumber :
  • REUTERS/Ciro De Luca

VIVA – Mimpi Gianluigi Buffon untuk tampil membela Timnas Italia untuk terakhir kalinya di Piala Dunia 2018 Rusia, memang sudah pupus. Namun, penjaga gawang veteran Juventus masih belum ingin pensiun.

Buffon sebelumnya pernah mengatakan jika ia akan pensiun usai gelaran Piala Dunia 2018. Sayang, Italia dikalahkan Swedia di babak playoff, dan gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

Meski demikian, Buffon kembali menjawab soal masa depannya bersama Juventus dan Timnas Italia. Menurut kiper berusia 39 tahun, ada kemungkinan baginya untuk pensiun. Namun hingga saat ini, ia menegaskan masih siap bermain untuk Juventus dan Gli Azzurri.

Buffon merasa seperti seorang tentara, yang selalu siap berbakti jika negara dan klubnya memanggil. Tak cuma itu, Buffon bahkan mengatakan akan siap menerima panggilan andai sudah pensiun dan saat ia sudah berusia 80 tahun.

"Saya tidak tahu bagaimana menjawab pertanyaan (kapan pensiun). Apakah saya akan berenti (bermain)? Apakah saya tidak akan pernah pensiun? Saya merasa seperti tentara, dan selalu siap untuk melayani klub dan negara saya. Begitulah saya melihat pekerjaan saya," ujar Buffon dilansir Firstpost.

"Sangat mungkin untuk pensiun bagi saya. Tapi, saya masih tersedia untuk Juventus dan Tim Nasional (Italia). Bahkan di usia 80 tahun, jika tiba-tiba tak ada kiper lagi dan mereka menghubungi saya, saya akan berlatih sebentar dan kemudian kembali masuk (tim)," katanya.

Buffon merupakan pemegang rekor caps terbanyak di Timnas Italia. Bersama Timnas Italia, Buffon sudah tampil dalam 175 pertandingan sejak 1997 lalu. Sementara bersama I Bianconerri, Buffon berada di posisi kedua caps terbanyak dengan catatan 638 caps, di bawah legenda Juventus lainnya, Alessandro Del Piero.