Pemain yang Gagal Bersinar di Barcelona, Salah Satunya Ingin Kaya

Alex Song
Sumber :

VIVA – Barcelona adalah salah satu tim yang paling sukses di dunia. Banyak pemain pun yang bermimpi bisa bermain di Stadion Camp Nou. 

Banyak para pemain top yang sudah bergabung dengan Barcelona. Dan sampai saat ini mereka terus mencari para pemain top dan berbakat. 

Dengan tekanan yang besar di Barcelona, tentu tidak semua pemain bisa melaluinya dengan baik. Bahkan beberapa diantaranya gagal bersinar di Camp Nou. 

Berikut pemain yang gagal bersinar di Barcelona dikutip dari Sportkeeda:

1. Ibrahim Afellay: Ia bergabung dengan Barcelona dari PSV Eindhoven pada Januari 2011. Sayangnya ia gagal menunjukkan kemampuannya dan perkembangan yang baik Camp Nou. 

Bahkan ia harus berjuang keras untuk bisa menembus skuad utama Barcelona. Pemain internasional Belanda ini hanya bermain sebanyak 28 kali di semua kompetisi. Ia mencetak satu gol di LaLiga. 

Afellay sempat dipinjamkan ke Schalke 04 dan Olympiacos dan di sana ia juga tidak berkembang. 2015, ia bergabung dengan Stoke City secara permanen setelah semusim sebelumnya menjadi pemain pinjaman. 

Baca juga: Jelang Bursa Transfer Berakhir, Barcelona Akan Buang 4 Pemain

2. Alex Song: Pemain berusia 32 tahun ini bergabung dengan Barcelona pada 2012 dari Arsenal. Pemain internasional Kamerun ini mengakui tujuan utamanya bergabung dengan Barcelona hanyalah untuk menjadi jutawan. 

Ia kemudian gagal menunjukkan penampilan terbaiknya. Dalam dua tahun bermain untuk Barcelona, ia hanya tampil sebanyak 39 kali di LaLiga. 

Tahun 2014, ia kembali ke Premier League bersama West Ham United dengan status pemain pinjaman selama dua musim.  Tahun 2016, ia benar-benar meninggalkan Barceloan untuk bermain di Rubin Kazan. 

3. Andre Gomes: Barcelona terpikat dengan Gomes setelah ia tampil menawan di Piala Eropa 2016. Barcelona kemudian mendatangkan Gomes dari Valencia dengan nilai transfer €35 juta (sekitar Rp612 miliar). 

Setelah tampil impresif bersama Barcelona di Piala Super Spanyol, ia kemudian malah menurun. Pemain internasional Portugal ini gagal untuk mengikuti gaya permainan Blaugrana. Keadaan diperparah dengan cedera di tahun keduanya bersama Barcelona. Ia sempat dipinjamkan ke Everton. 

4 Ousmane Dembele: Ia bergabung dengan Barcelona pada musim 2016/2017. Sayangnya selama di Barcelona Dembele malah berjuang untuk menyembuhkan cederanya. Ia telah melewatkan 80 pertandingan Barcelona sejak tiba di Camp Nou tiga tahun lalu. 

Musim 2019/2020 Debele bahkan hanya bisa bermain sebanyak 10 pertandingan saja. 

5. Arda Turan: Musim 2016, Arda Turan didatangkan dengan nilai transfer mencapai €34 juta (sekitar Rp594 miliar) dari Atletico Madrid. Ia digadang-gadang sebagai Xavi Hernandez yang baru. 

Saat bermain di bawah asuhan Diego Simeone di Atletico, Turan adalah geladang serang yang menawan. Sayangnya ia malah gagal menunjukkan penampilan apiknya di bawah pelatih Barcelona saat itu, Luis Enrique. 

Ia hanya bermain sebanyak 14 kali di musim debutnya bersama Barcelona.  Musim berikutnya ia kembali gagal bersinar. Kini ia bermain untuk klub masa kecilnya, Galatasaray sejak Agustus lalu.