Copa del Rey 2021, Persembahan 'Mahal' Griezmann untuk Barcelona

Penyerang Barcelona, Antoine Griezmann
Sumber :
  • Twitter/@AntoGriezmann

VIVA – Antoine Griezmann akhirnya bisa bernapas lega. Itu setelah dia berhasil mempersembahkan trofi pertamanya untuk Barcelona setelah ditebus mahal pada 2019 silam.

Pencapaian pertamanya ini setidaknya bisa mendiamkan sejenak kritik miring yang terus dialamatkan padanya sejak hijrah dari Atletico Madrid ke Barcelona, dua musim lalu. Pasalnya, dia direkrut dengan harga selangit, mencapai 120 juta euro, namun dengan kontribusi yang dinilai masih sangat minim.

Di musim pertamanya, dia kesulitan beradaptasi dengan gaya bermain Blaugrana arahan Ernesto Valverde. Pemain asal Prancis itu tak langsung nyetel dengan Lionel Messi cs yang membuat catatan golnya jadi seret.

Pemecatan Valverde di tengah musim usai kegagalan di Piala Super Spanyol ternyata belum mengubah peruntungan Griezmann. Sinarnya masih belum terlihat meski ditangani Quique Setien.

Di akhir kampanye perdananya, Griezmann cuma menorehkan 15 gol dari 48 penampilan di semua ajang. Dia juga gagal mempersembahkan trofi bagi Barcelona yang kandas di semua kompetisi.

Disalip Real Madrid di LaLiga, tersingkir dari Copa del Rey usai dibungkam Athetic Bilbao, dibekuk Atletico Madrid pada semifinal Piala Super Spanyol, dan paling mengenaskan dibantai 2-8 oleh Bayern Munich dalam pertemuan di babak perempat final Liga Champions. Rentetan kegagalan tersebut membuatnya dicap sebagai pembelian gagal.

Memasuki musim kedua, peruntungan Griezmann awalnya masih belum berubah meski kini ditangani Ronald Koeman. Penyerang 30 tahun tak kunjung moncer di lini depan.

Griezmann tak bisa jadi sosok yang diharapkan sebagai pengganti Messi yang kerap dicadangkan pada awal musim setelah terlibat perselisihan dengan klub.

Beruntung, Koeman tak hilang kepercayaan padanya. Griezmann tetap diberi menit bermain yang memadai walaupun kerap tak maksimal.

Perlahan performanya mulai bangkit di paruh musim kedua. Seiring juga dengan peningkatan performa Barcelona.

Griezmann jadi salah satu pilar kebangkitan Barca yang kini kembali jadi salah satu kandidat juara LaLiga. Mereka cuma tertinggal dua poin dari Atletico Madrid yang masih menguasai takhta klasemen.

Dan akhirnya, penantian panjang Griezmann pun untuk meraih trofi bersama Barcelona terbayar lunas. Dia baru saja membawa Blaugrana meraih gelar Copa del Rey 2021 setelah mengalahkan Athletic Bilbao empat gol tanpa balas di partai puncak.

Griezmann menjadi pembuka keran gol Barca sebelum diteruskan Frenkie de Jong dan Messi yang mencetak brace di laga ini.

Setidaknya, Griezmann bisa tersenyum dengan capaian ini dan sedikit melunturkan beban 120 juta euro yang melekat di pundaknya. Kubu Barca pun mulai bisa merasakan investasi dari harga mahal yang dikeluarkan untuk membeli pemain asal Prancis tersebut.

Senyum Griezmann dan Barca bakal lebih merekah jika bisa juara LaLiga di akhir musim ini. Torehan 15 golnya juga berpeluang bertambah mengingat kompetisi masih berjalan enam pekan lagi.