Mou Sulit Jelaskan Alasan Utama Raih Sukses

Jose Mourinho Sambangi Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Jose Mourinho mengaku sulit menjelaskan dengan tepat, bagaimana cara meraih sukses sepanjang karier kepelatihannya. Dia tidak punya jawaban pasti, kunci pencapaian gemilang yang diraih bersama timnya.

Tidak ada yang menyangkal, The Special One salah satu pelatih tersukses dalam kurun waktu hampir sepuluh tahun terakhir. Pelatih asal Portugal itu merebut gelar dua Liga Champions bersama dua tim berbeda.

Paling fenomenal, tentu saat Mourinho sukses meraih gelar liga domestik di tiga negara. Puncaknya terjadi di musim 2011-12 lalu saat mengantarkan Real Madrid memutus rantai kemenangan Barcelona di kancah La Liga.

Berkaca dari segudang prestasinya, menurut Mourinho tidak ada misteri besar dalam capaiannya. Bahkan, di rumah pun, Mourinho merasa tidak seperti bos. "Di rumah, saya bukan bos. Itu tugas istri saya. Jadi bagaimana saya bisa mengorganisasi sebuah klub?," canda Mourinho dalam kunjungannya di University of California (UCLA).

"Ketika semua orang tumbuh ke arah yang sama dan bisa melihat mereka melakukannya, saya sangat bahagia. Tentu, semuanya jauh lebih mudah," sambung Mourinho mengungkap kisi-kisi pencapaiannya.

Pria kelahiran Setubal, 49 tahun lalu itu mengatakan, sulit mengurai alasan pasti pencapaian gemilang yang telah dibukukannya. "Saya telah diminta berkali-kali sepanjang hidup saya, terutama oleh pers," ujar mantan pelatih Chelsea dan Inter Milan tersebut.

Namun, Mou menjelaskan, setidaknya ada tiga faktor penunjang yang harus dimiliki dan dijalankan sebuah klub sebagai prasyarat utama meraih sukses. "Kualitas, kesatuan, semangat dan metode kerja: Tidak hanya satu atau dua alasan. Banyak faktor dan harus bersinergi." (sj)