Fakta dan Data Lengkap El Clasico Ada di Sini

Zinedine Zidane dan Luis Enrique terlibat bentrok dalam sebuah laga El Clasico
Sumber :
  • 101greatgoals.com

VIVA.co.id – Senin dini hari adalah waktu yang paling dinantikan pecinta sepakbola, terlebih bagi mereka fans Real Madrid dan Barcelona. Dua klub raksasa LaLiga ini akan bertemu di jornada 33, pukul 01.45 WIB.

Madrid dan Barcelona saling berkompetisi satu sama lain sejak 115 tahun lalu. Keduanya sudah bertemu sebanyak 223 pertandingan di semua kompetisi.

Dari 223 pertandingan, 93 di antaranya dimenangkan Los Blancos (julukan Real Madrid). Sedangkan Barcelona meraih kemenangan lebih sedikit, yakni 91 kali.

Kini, berbicara tentang El Clasico, tentu tak bisa dilepaskan dari pembahasan antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Dua ikon ini dianggap sebagai sosok pesepakbola terbaik di muka bumi.

Kedua pemain ini menjadi algojo tersukses dalam El Clasico. Keduanya sudah mencetak 4 gol penalti dari 4 kesempatan.

Messi masih mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak di El Clasico dengan 21 gol. Gol tersebut sama dengan 5,7 persen dari seluruh gol Barcelona ke gawan Madrid yang berjumlah 372 gol.

Di El Clasico dini hari nanti, Barcelona tidak akan diperkuat bintang asal Brasil, Neymar, karena mendapat hukuman larangan bertanding di 3 laga. Dia mendapat kartu merah akibat bertindak kurang sportif di laga kontra Malaga.

Itu berarti, dia belum bisa mengubah rekor pribadinya di El Clasico. Sejak hattrick pada 23 Maret 2014, dia belum pernah lagi menjebol gawang Madrid di lima pertemuan setelahnya.

Di sisi lain, pelatih Madrid, Zinedine Zidane juga ingin memperbaiki rekor minor timnya. Madrid hanya memenangkan tiga El Clasico di Bernabeu sejak musim 2008-2009.

Justru, Barcelona punya rekor bagus di markas Madrid. Mereka sukses mencuri 7 kemenangan di Bernabeu dari 13 pertemuan terakhir.

Membahas statsistik individu pemain. Madrid memiliki Sergio Ramos sebagai pemain yang melakukan pelanggaran terbanyak. Bek tangguh itu melakukan 53 kali pelanggaran, disusul Messi (45), Sergio Busquets (38), Ronaldo (33), Pepe (28) dan Andres Iniesta (22).

Sedangkan nama Messi menjadi pemain yang paling banyak dilanggar dengan 90 kali. Nama berikutnya ada Busquets (59), Iniesta (51), Ronaldo (49), Pepe (40) dan Ramos (26).

Messi juga tercatat dengan pemain yang memiliki jumlah assist terbanyak di El Clasico. Dia sudah mengirim 10 assist, lebih banyak dari Iniesta (5), Karim Benzema (4), Iniesta (4), Neymar dan Pepe (3) serta Ramos dan Modric (2), data dilansir Marca.