Wow, Pelatih Timnas Vietnam Jadi Selebritis Media Sosial

Pelatih timnas Vietnam, Park Hang-seo
Sumber :
  • Fox Sports Asia

VIVA – Nama pelatih tim nasional Vietnam, Park Hang-seo rupanya semakin hari semakin populer saja di negara bekas jajahan China dan Prancis itu. Sejak berhasil membawa skuat The Golden Star Piala AFF 2018 dan medali emas SEA Games 2019, sosok Park Hang-seo kini bak seorang pahlawan.

Eks asisten Guus Hiddink saat tangani timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2002 itu kini benar-benar sudah sangat terkenal dan juga menginspirasi.

Terlebih lagi, Park juga pernah membawa Vietnam menempati runner up Piala Asia U-23 serta semifinal Asian Games pada 2018 silam.

Baca juga: Dihukum AFC, Pelatih Vietnam Berdalih Tak Lancar Bahasa Inggris

Saking terkenalnya, figur Park kini bahkan telah masuk dalam jajaran 10  influencer media sosial paling top di Vietnam, seperti dilansir FOX Sports News.

Torehan tinta emas yang digoreskan Park pada lembar prestasi timnas Vietnam, membawanya muncul jadi tokoh yang punya pengaruh di masyarakat Negeri Vietkong itu.

Tak cuma Park, dua anak asuhnya di skuat The Golden Star yakni Nguyen Quang Hai dan Nguyen Cong Phuong pun ikut masuk dalam kategori yang dirilis situs analisis data, Buzzmetrics.

Menurut situs web mereka, Buzzmetrics adalah pelopor menggunakan data pendengaran sosial untuk mendekatkan bisnis dan konsumen.

"Berdasarkan gagasan kunci bahwa media sosial adalah masyarakat virtual tempat orang menjalani kehidupan kedua mereka, kami hadir untuk memberikan hasil bisnis yang lebih baik melalui nilai pemahaman suara-suara online," tulis penjelasan dari situs web tersebut.

Park berada di urutan kelima, sedangkan Quang Hai berada di urutan keempat dan Cong Phuong yang selama setahun terakhir bermain di liga Belgia ada di posisi ketujuh.

Quang Hai mengumpulkan 29.430 poin pada indeks media sosial, Park memiliki 28.516 dan Cong Phuong mengumpulkan 19.228. Data dikumpulkan berdasarkan cakupan, interaksi, peristiwa dan faktor lain di dunia digital.

Baca juga:

Dihukum AFC, Pelatih Vietnam Berdalih Tak Lancar Bahasa Inggris

Ngamuk di Final SEA Games, Pelatih Vietnam Kena Hukum AFC

Keluyuran Malam Saat SEA Games, 9 Pemain Timnas Singapura Kena Denda