Presiden Brasil Didesak Turun Tangan untuk Bebaskan Ronaldinho

Paspor palsu Ronaldinho.
Sumber :
  • Gazeta do Povo

VIVA – Kasus pemalsuan paspor yang dialami Ronaldinho Gaucho tengah menjadi sorotan pecinta sepakbola di seluruh dunia. Legenda Timnas Brasil itu, ditahan otoritas keamanan Paraguay atas kasus pemalsuan dokumen sejak Jumat 6 Maret 2020.

Melansir The Sun, pengadilan Paraguay masih memerintahkan Ronaldinho dan saudaranya, Roberto Assis, untuk mendekam di penjara sampai berakhirnya proses penyelidikan. Namun, pengacara Ronaldinho asal Brasil, Sergio Queiroz mengatakan, mantan pemain Barcelona dan AC Milan itu, sebenarnya tidak perlu ditahan.

Baca Juga: Resmi, Duel PSG Vs Dortmund Digelar Tanpa Penonton Imbas Virus Corona

Sebab, proses penangkapkan Ronaldinho di Hotel Sheraton, Asuncion, terdapat fakta yang di putar balik oleh jaksa penuntut. Awalnya, jaksa menyatakan, Ronaldinho dan saudaranya lolos dari jeratan sidang, dan hanya diharuskan membayar denda.

Makanya, Queiroz mendesak Presiden Brasil, Jair Bosonaro untuk turun tangan dalam menyelesaikan kasus yang menimpa Ronaldinho. Diplomasi yang dilakukan Bolsonaro diyakini dapat melobi para pejabat di Paraguay agar membebaskan Ronaldinho.

Ronaldinho sendiri baru saja ditunjuk sebagai duta pariwisata Brasil pada September 2019. Penunjukkan itu dilakukan pemerintah Brasil terkait kasus pembangunan anjungan penangkapan ikan ilegal di sebuah danau di kawasan konservasi, yang menyeret Ronaldinho.

Atas kasus tersebut, Ronaldinho didenda oleh pemerintah Brasil, tapi ia tidak sanggup membayarnya. Oleh sebab itu, paspor Ronaldinho diblok pemerintah hingga ia menuntaskan denda yang telah dijatuhkan.

Diketahui, semasa menjadi aktif bermain, Ronaldinho merupakan sosok yang fenomenal. Ia merupakan salah satun pemain kunci yang mengantarkan Brasil merebut trofi Piala Dunia 2002. Di level klub, Ronaldinho berhasil membawa Barcelona juara Liga Champions 2005/06. 

Baca Juga:

MU Menangi Derby Manchester, Pogba Sindir ManCity Pakai 3 Kata?

Klasemen Liga 1 Pekan Kedua, Persib Bandung Bertengger di Puncak

Ditanya Kapan Beli Newcastle United, Begini Jawaban Floyd Mayweather