Hari Ini 4 Tahun Lalu, Senior Marko Simic Bawa Persija Mengamuk

Ivan Bosnjak saat memperkuat Persija di ISL 2014
Sumber :
  • Persija.id

VIVA – Hari ini 4 tahun lalu, 26 Mei 2014, Persija Jakarta mengamuk di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Persija menjamu Persijap Jepara dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) 2014. Dalam laga tersebut, Persija yang dilatih Benny Dollo berhasil melumat Persijap dengan kemenangan 4-1.


Victor Pae membuka kemenangan Persija pada menit ke-21. Pada menit ke-32, Persija menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Kali ini giliran Ivan Bosnjak yang menjadi aktor melalui sepakan voli. Skor ini bertahan hingga turun minum.

Persijap sempat memperkecil kedudukan lewat gol Carlos Raul Sciucatti pada awal babak kedua. Namun, skuad Macan Kemayoran kembali 'kesetanan'. Dua gol tambahan berhasil diciptakan oleh Boakay Eddie Foday dan gol kedua Victor Pae.

Persija pada ISL 2014 diperkuat oleh pemain-pemain top. Di posisi penjaga gawang tak berubah hingga saat ini. Adalah Andritany Ardhiyasa yang setia mengawal gawang Persija. Kemudian ada Ismed Sofyan, Fabiano Beltrame, hingga Ivan Bosnjak.

Khusus nama terakhir, dia adalah pemain asal Kroasia pertama yang direkrut Persija. Bisa dibilang, Bosnjak merupakan senior ujung tombak Persija saat ini, Marko Simic.

Bosnjak memiliki catatan karier yang lebih mentereng ketimbang Simic. Dia pernah memperkuat Timnas Kroasia di Piala Dunia 2006. Melansir Transfmrkt, Bosnjak mencatatkan 14 penampilan dengan sumbangan satu gol.

Sebelum gabung Persija, Bosnjak juga malang melintang di klub-klub Eropa seperti Hajduk Split, Dinamo Zagreb, Genk, hingga Rijeka. Paling mentereng di Zagreb saat dia mengemas 33 gol dalam 62 laga.

Namun, embel-embel bermain di Piala Dunia dan semua itu nyatanya tak mampu membuat Bosnjak mampu menaklukkan sepakbola Indonesia. Di Persija, Bosnjak hanya tampil lima pertandingan dan mencetak dua gol. Di ISL 2014, Persija juga finis di peringkat lima babak pendahuluan.

Berbanding terbalik dengan Marko Simic. Meski tak pernah membela timnas senior Kroasia, Simic mampu menjadi idola baru Jakmania.

Dia mampu mempersempahkan gelar Liga 1 2018, Piala Presiden 2018, dan turnamen Boost Sport Super Fix Cup 2018 yang berlangsung di Malaysia. Sejauh ini, Simic sudah mencatatkan 77 penampilan bersama Persija dan mencetak 56 gol serta 4 assist.