Messi dan Ronaldo Minggir Dulu, Ini 10 Dewa Tendangan Bebas 

Legenda Timnas Brasil, Juninho Pernambucano
Sumber :
  • FIFA

VIVA – Megabintang Barcelona, Lionel Messi dan bomber Juventus, Cristiano Ronaldo memang peraih penghargaan Balon d'Or terbanyak. Messi mengoleksi enam gelar, sementara Ronaldo lima gelar.

Namun, Messi dan Ronaldo tak masuk dalam jajaran 10 besar raja tendangan bebas. Keduanya masih kalah jauh dengan pemain bintang di era sebelumnya.

Legenda Brasil Juninho Pernambucano adalah pemain yang paling banyak mencetak gol melalui tendangan bebas. Melansir Spotbible, Juninho mencatatkan 77 gol dari situasi bola mati ketika memperkuat Olympique Lyon, Vasco da Gama, Al-Gharafa dan klub kota kelahirannya, Sport Club do Recife.

Juninho mampu mencetak gol dari beberapa sudut dan jarak yang berbeda. Dia juga mampu melakukan tendangan bebas dengan beberapa teknik, baik itu via knuckle shoot , atau placing

Juninho mengakui mampu melakukan tendangan bebas dengan baik setelah mempelajari teknik mantan rekannya di Timnas Brasil, Marcelinho. Uniknya, meski belajar dari Marcelinho, Juninho mampu mencetak gol lebih banyak karena Marcelinho hanya mencatatkan 59 gol dari situasi bola mati.

"Saya mulai dengan meniru tendangan bebas yang dilakukan oleh Marcelinho, yang bermain untuk Corinthians. Dia adalah salah satu inspirasiku, dan pemain pertama yang pernah kulihat membuat bola menari di udara," katanya kepada FourFourTwo 

Di peringkat kedua ada legenda Brasil lainnya yaitu Pele. Pemain yang mampu membawa Brasil juara Piala Dunia tiga kali itu telah mencetak 70 gol dari tendangan bebas.

Setingkat di bawah Pele ada legenda Argentina, Victor Legrottaglie dengan koleksi 66 gol, atau sama yang ditorehkan oleh Ronaldinho. Kemudian Maradona dan Zico sejajar dengan 62 gol. Kemudian ada Ronald Koeman dengan 60 gol dan Rogerio Ceni 59 gol. Khusus untuk Ceni, terbilang luar biasa, karena dia adalah seorang penjaga gawang.

Berikut daftar lengkap 10 Dewa Tendangan Bebas: 

1. Juninho (77 gol)

2. Pele (70 gol)

3. Victor Legrottaglie (66 gol)

4. Ronaldinho (66 gol)

5. David Beckham (65 gol)

6. Diego Maradona (62 gol)

7. Zico (62 gol)

8. Ronald Koeman (60 gol)

9. Rogerio Ceni (59 gol)

10. Marcelinho Carioca (59 gol)