Messi Patahkan Rekor Xavi Hernandez

Lionel Messi
Sumber :
  • REUTERS/Toru Hanai

VIVAbola - Lionel Messi tampil memukau saat membawa Barcelona meraih kemenangan telak 5-1 pada lanjutan La Liga di Camp Nou, Minggu 19 Februari 2012 (Senin dini hari WIB). Selain mencetak empat gol ke gawang Valencia, pemain asal Argentina itu juga mencatatkan namanya di buku rekor Barcelona.

Messi kini tercatat sebagai pemain termuda yang tampil dalam 200 pertandingan La Liga bersama Barcelona. Ia mencatat rekor itu saat menginjak 24 tahun dan 240 hari, serta mematahkan rekor sebelumnya dipegang Xavi Hernandez. Gelandang internasional Spanyol itu menorehkan rekor itu saat berusia 25 tahun dan 236 hari.

Di musim ini, Messi telah membukukan 27 gol dari 23 pertandingan La Liga, atau hanya terpaut satu gol dari bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo yang sementara ini menjadi pencetak gol terbanyak. Gol keempat ke gawang Valencia adalah torehan ke-146 Messi di liga, sejak menjalani debut melawan Espanyol pada 16 Oktober 2004.

Bersama Barcelona, pemilik nama lengkap Lionel Andrés Messi Cuccittini ini telah mempersembahkan lima gelar La Liga, tiga trofi Champions League dan sederet trofi lainnya. Ia juga sukses merebut gelar Ballon d’Or atau Pemain Terbaik Dunia sebanyak tiga kali beruntun, pada 2009 hingga 2011.

Seperti dikutip dari Yahoo Sport, Messi kini menjadi satu dari lima pemain Barca musim ini yang telah menorehkan 200 atau lebih penampilan bersama Barca di La Liga. Pemain lain yang mencatat rekor itu adalah Xavi (401), Carles Puyol (359), Victor Valdes (317) dan Andres Iniesta (258).