10 Tim Terpopuler Tahun 2012 (2)

Robin van Persie (depan) saat mencetak gol untuk Manchester United
Sumber :
  • REUTERS/Dylan Martinez

VIVAbola - Setelah melihat urutan 10 sampai 6, berikut lima besar daftar klub-klub terpopuler pada 2012, versi ESPN:

5. BARCELONA
Dominasi Barcelona beberapa musim terakhir membuat klub asal Katalan ini jadi pujaan pecinta sepakbola modern. Permainan tiki-taka yang memuncak pada era Pep Guardiola semakin tajam di tangan Tito Vilanova.

Cap Protagonis pun semakin melekat dengan bintang mereka Lionel Messi menjadi tokoh utama. Ketajaman Leo membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak dalam satu tahun kalender, mengalahkan Gerd Muller dan Pele. Sikap Messi yang rendah hati juga jadi nilai plus buat Barca.

4. REAL MADRID
Skuad bertabur bintang dan prestasi sembilan kali juara Eropa membuat Madrid sebagai salah satu klub terpopuler pada 2012. Tim asuhan Jose Mourinho tampil luar biasa dan memecahkan berbagai rekor sebelum menutup musim dengan gelar juara La Liga, memutus dominasi Barcelona.

Kemampuan Los Blancos menyeimbangi permainan Barca membuat kursi di Santiago Bernabeu kembali bersemangat. Sayang, pada paruh kedua 2012 perjalanan Madrid kurang mulus karena terus dihantam isu-isu miring yang mengganggu performa tim.

3. CHELSEA
Selalu ditaburi dengan bakat-bakat terbaik Eropa, Chelsea menyeruak menjadi salah satu tim Inggris yang sukses meraih perhatian pecinta sepakbola secara global.

Sejak kedatangan Roman Abramovich pada 2003, The Blues sukses merebua trofi Premier League, Piala FA, Piala Liga dan puncaknya Liga Champions musim lalu. Usaha mereka di LC 2012 tidak mudah, mereka harus menghadapi Barcelona dan Bayern Munich pada babak-babak akhir. Kehadiran manajer interm, Roberto Di Matteo, jelas menjadi salah satu sukses Chelsea musim lalu usai gagal di tangan Andre Villas-Boas.

2. ARSENAL
Meski gagal merebut satu gelar pun sejak Piala FA 2005, Arsenal tetap salah satu klub dengan pengikut paling banyak di dunia. Permainan sepakbola menyerang dengan skema menarik ala Arsene Wenger jadi salah satu alasan.

Meski diragukan setelah kehilangan Robin van Persie musim panas lalu, kedatangan Santi Cazorla, Lukas Podolski, dan Olivier Giroud bisa menjaga performa Arsenal tetap terjaga.

1. MANCHESTER UNITED

Dengan keberhasilan Red Devils menyandang status klub dengan gelar juara Liga Inggris terbanyak maka tidak mengagetkan MU berada di posisi teratas tim terpopuler.

Sir Alex Ferguson menyumbang 12 dari 19 gelar yang berhasil pasukan Old Trafford rebut, begitu juga trofi liga domestik dan dua Liga Champions. Diisi pemain macam Wayne Rooney, Shinji Kagawa, dan Robin van Persie membuat MU menjadi ikon sepakbola global. (adi)