Rapor 10 Pemain dengan Transfer Termahal Musim Ini

Pemain Manchester CityReheem Sterling
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Bicara soal Premier League, stigma yang terbentuk di pikiran masyarakat pecinta sepakbola adalah sebuah liga di mana banyak uang yang dikeluarkan untuk belanja dan menggaji pemain. Tidak salah jika Anda berpikir seperti itu.

Setidaknya, budaya tersebut menang tak bisa dielakkan dari liga sepakbola Negeri Ratu Elizabeth sejak Juni 2003, di mana seorang kaya raya asal Rusia, Roman Abramovich mengambil alih Chelsea.

Baru setelah itu muncul era sepakbola di mana banyak menyebut "Money Power". Seperti yang terjadi dalam revolusi Manchester City setelah diambil alih Sheikh Mansour, atau klub tetangganya, Manchester United, yang saldo rekening klubnya membengkak setelah memecahkan rekor kerjasama dengan apparel asal Jerman, Adidas.

Belanja pemain dengan harga selangit seolah tak menjadi perkara sulit bagi klub yang mendapat "Money Power". Pertanyaannya, dengan harga tinggi, apakah pemain yang dinilai bermain bagus di klub sebelumnya bisa memberikan perbandingan yang lurus atas harga yang dibayarkan klub peminat?

Sepertinya tidak selalu demikian. Berikut adalah 10 pembelian termahal Premier League musim ini, beserta rating pernampilan, versi Daily Mail:

1. Kevin De Bruyne (Wolfsburg - ManCity - 54 juta poundsterling)

De Bruyne hengkang ke Etihad Stadium dengan status pemain termahal kedua dalam sejarah Premier League setelah Angel Di Maria yang hijrah ke MU saat diboyong dari Real Madrid dengan nilai transfer 60 juta poundsterling.

Pemain asal Belgia yang pernah memperkuat Chelsea ini langsung menunjukkan performa impresif di musim pertamanya bersama The Citizens. Tujuh gol dan sembilan assist menjadi persembahan di musim perdana.

RATING: 8/10

2. Raheem Sterling (Liverpool - ManCity - 49 juta poundsterling)

Kecaman dari fans Liverpool mengiringi kepergian Sterling ke Etihad. Fans The Reds melabeli pemain asli didikan Liverpool ini sebagai pengkhianat dan "mata duitan". Momen yang paling diingat dari Sterling selama berkostum City adalah kala dia mencetak hattrick ke gawang Bournemouth pada Oktober lalu. Namun, setelah itu, dia justru terlihat melempem dan minim kontribusi.

RATING: 6/10

3. Anthony Martial - AS Monaco - Manchester United - 36 juta poundsterling

Meski baru genap berusia 20 tahun pada Desember nanti, Anthony Martial sudah menjadi tumpuan bagi klubnya, Manchester United, di lini depan. Publik sempat memandang sebelah mata akan kemampuannya, karena selain masih muda, dia juga diboyong dengan harga yang terbilang mahal.

Namun, gol di debutnya saal melawan Liverpool, September lalu, seolah menjadi cara Martial untuk berkata "Hai, kenalkan. Saya Martial" pada fans dan lawan. 11 gol dan tiga assist jadi penanda kariernya di Premier League musim ini

RATING: 8,5/10
 

Selanjutnya...

4. Christian Benteke - Aston Villa - Liverpool - 32,5 juta poundsterling

Ekspektasi tinggi digantungkan pada Christian Benteke setelah mencetak gol kemenangan 1-0 The Reds atas Bournemouth di pertandingan perdananya di Anfield musim ini. Dia kemudian mencetak gol lewat tendangan overhead yang luar biasa melawan Manchester United pada September.

Tapi, setelah pengangkatan Juergen Klopp sebagai manajer, dampak pemain asal Belgia ini menyusut. Benteke tidak disukai oleh Klopp, yang lebih suka tipikal striker yang mobile, sehingga Benteke hanya berperan sangat minim musim ini. Terlihat dalam catatan bahwa dia tidak mencetak gol dalam 13 pertandingan (di semua kompetisi) antara akhir Desember sampai awal Maret.

RATING: 5,5/10


5. Nicolas Otamendi - Valencia - Manchester City - 32 juta poundsterling

Kegemilangan mengawal tembok pertahanan Valencia dan timnas Argentina, membuat nama Otamendi sempat menjadi rebutan duo Manchester. Namun, Manchester Biru lah yang beruntung mendapatkan servisnya.

Otamendi digadang-gadang akan menjadi salah satu bek terbaik Premier League. Namun, seperti pemain City lain pada umumnya, penampilan gemilang kerap diikuti dengan penurunan performa.

Pemain asal Argentina ini menunjukkan diri sebagai tandem yang tepat bagi Vincent Kompany, Martin Demichelis, dan Eliaquim Mangala. Tapi, dengan absennya Kompany, Otamendi terlihat tak berdaya di barisan belakang.

RATING: 6,5/10


6. Roberto Firmino - Hoffenheim - Liverpool - 29 juta poundsterling

Firmino telah berkembang di bawah Juergen Klopp, yang sudah mengenal karakter pemain asal Brasil ini sejak keduanya berada di Bundesliga. Pemain berusia 24 tahun ini telah menjadi salah satu pahlawan The Anfield Gank musim ini.

Meskipun jadi penyerang, pekerjaan yang dia lakukan di sisi defensif juga terbilang efisien. Dengan daya kreatifnya yang tinggi, Firmino sudah menorehkan tujuh assist dan 10 gol, sebuah dorongan besar bagi Liverpool.

RATING: 7.5 / 10

7. Memphis Depay - PSV Eindhoven - Manchester United - 25 juta poundsterling

Top scorer Eredivisie, punya akurasi free kick yang mumpuni, dribbling cepat, membuat nama Memphis Depay disebut-sebut sebagai The Next Cristiano Ronaldo. Apalagi, Memphis dengan 'pede' meminta nomor punggung keramat di MU, 7.

Namun, kepedean Memphis menjadi bumerang. Harapan fans yang terlalu besar, tak mampu dipenuhinya. Bisa dibilang, dia pemain gagal, bila melihat hanya dua gol yang dia persembahkan dari 28 penampilan.

RATING: 3/10

Selanjutnya...

8. Morgan Schneiderlin - Southampton - Manchester United - 25 juta poundsterling

Schneiderlin direkrut oleh MU sebagai upaya untuk melindungi tim kembali ke posisi 4 besar. Dan tipikal permainan yang ditunjukkanya kala berkostum Southampton dinilai memenuhi syarat sebagai pemain yang dibutuhkan MU.

Memang, bila melihat jumlah penampilan, Schneiderlin terbilang banyak. Dia dipercaya Louis Van Gaal untuk tampil 29 laga dan 25 di antaranya sebagai starter. Namun, perannya di lapangan tak memperlihatkan perubahan signifikan untuk klub. Hasilnya, nama Schneiderlin tak masuk  timnas Prancis untuk Euro 2016.

RATING: 6/10

9. Son Heung-Min - Bayer Leverkusen - Tottenham Hotspur - 22 juta poundsterling

Son mencetak gol kemenangan pada penampilan perdananya di Premier League untuk Tottenham di White Hart Lane, kala The Lily Whites melawan Crystal Palace pada 20 September. Son mencetak gol di kompetisi di luar Premier League saat klubnya melawan Qarabag di Liga Europa pada debut di kandang, tiga hari sebelumnya.

Pemain berpaspor Korea Selatan tersebut kemudian tidak mencetak gol lagi sampai saat melawan Watford pada 28 Desember. Meskipun secara keseluruhan dia adalah anggota skuat yang berperan untuk perebutan gelar Premier League untuk Spurs musim ini.

RATING: 6.5 / 10


10. Pedro - Barcelona - Chelsea - 21 poundsterling

Ketika Pedro bergabung dengan juara Premier League musim lalu, Chelsea, dia baru saja memenangkan La Liga, Copa del Rey dan Liga Champions dengan Barca. Sayangnya, itu tidak berhasil seperti saat dia bermain di Spanyol, kendati mencetak gol pada debutnya saat The Blues menang 3-2 pada laga tandang melawan West Bromwich Albion pada 23 Agustus.

Dia kemudian memulai musim yang tak ideal, di mana dia tidak mencetak gol sampai 19 Desember. Meskipun dia bisa mengakhiri musim ini dengan mengemas tujuh gol.

RATING: 5/10

Laporan: Anang Fajar Irawan