Mengapa Kita Bisa Melihat Hantu

#hantuwanita
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sebagian orang ada yang percaya soal hantu, walaupun ilmu pengetahuan tak bisa membuktikan kehadiran makhluk tersebut. Sejumlah orang juga mengklaim, telah melihat atau merasakan keberadaannya.

Baca juga: Siap-siap Transformers Akan Dikirim ke Bulan

Laman Popsci, dilansir VIVA Tekno Kamis 8 Oktober 2020, menjelaskan enam faktor secara mental dan fisik mengenai mengapa kamu bisa melihat hantu. Beberapa di antaranya menjelaskan penampakan secara ilmiah.

Ingin Percaya
Berkat film atau cerita horor, banyak manusia yang percaya soal keberadaan hantu. Dalam laporan perusahaan riset YouGov, setengah dari orang Amerika menganggap hantu itu ada.

Hal ini tanpa sadar menyelinap ke alam bahwa sadar dan membawanya ke kehidupan sehari-hari. Manusia terkadang terbawa pikiran liar saat berada dalam kejadian luar biasa, misalnya tiba-tiba merasa dingin.

Tempat Gelap dan Asing
Saat berada di tempat gelap dan asing, insting kamu akan semakin tajam dan bekerja dalam dua cara. Pertama, menganggap tidak ada apa-apa padahal sebenarnya ada predator yang mengancam. Sementara, yang kedua adalah menganggap ada ancaman tapi nyatanya kamu hanya seorang diri.

Baca juga: Mau Rekam Zoom Meeting Tanpa Izin Host, Coba Deh Cara Ini

Semakin pekanya insting tersebut, membuat kita bisa merasakan keberadaan bukan hanya makhluk hidup, tapi juga hantu.

Kehilangan Orang Tercinta
Para psikologi menyebut, komunikasi setelah kematian jadi jenis paranormal paling umum. Salah satu survei tahun 1971 di British Medical Journal mengatakan, setengah dari janda di Wales dan Inggris mengaku pernah melihat pasangan mereka.

Para ahli menyatakan, hantu-hantu ini membantu manusia untuk menghadapi peristiwa menyakitkan maupun membingungkan. Penelitian tahun 2011 menyatakan beberapa kejadian mengenai komunikasi dengan orang yang sudah meninggal membuat kelegaan dari kesedihan dari mereka yang ditinggalkan.

Otak yang Bermasalah
Sejumlah orang yang dapat mendengar atau melihat hantu, menjadi indikator kondisi awal medis seperti schizophrenia. Kelainan otak juga cenderung mendasari adanya hubungan dengan kemampuan tersebut.

Bahkan bagi mereka yang tidak memiliki penyakit mental, adanya perubahan sementara pada aktivitas otak bisa membuat terhubung dengan dunia mistis itu. Sejumlah psikiater menganggap penglihatan terhadap hantu merupakan akibat dari kelumpuhan tidur.

Gangguan Audio
Pada awal 1980an, insinyur asal Inggris bernama Vic Tandy mengalami perasaan dingin dan mengaku melihat penampakan saat bekerja di laboratorium. Namun karena skeptis, dia mencari tahu dan pelakunya adalah kipas dengan kecepatan 18,9 Hz.

Sebuah studi juga menyatakan, jika suara tertentu menyebabkan organ pada tubuh bergetar. Walaupun tidak terdengar telinga manusia, yang jangkauan mencapai 20 Hz, intervalnya bisa menciptakan sejumlah efek yang berbahaya.

Manipulasi Indera Manusia
Indera manusia dapat memanipulasi untuk mempercaya melihat sesuatu yang tidak ada. Sejumlah mitos atau informasi yang belum terpercaya dapat mengacaukan cara kerja bagian dalam otak. Hal itu bisa mengacak persepsi manusia dengan cara yang aneh.