Ilmuwan Berantas COVID-19 Pakai Rumus Alien

Alien.
Sumber :
  • Express

VIVA – Peneliti menggunakan persamaan mencari alien, untuk memperkirakan kemungkinan penularan COVID-19. Perhitungan itu dikenal sebagai Persamaan Drake.

Model baru pada dasarnya merupakan persamaan tunggal dengan beberapa istilah, lalu dikalikan bersamaan. Nantinya, akan keluar risiko penularan COVID-19 melalui udara.

Para peneliti menginginkan untuk bekerja menggunakan rumus matematika sederhana yang signifikan secara historis, yakni dikenal sebagai Persamaan Drake. Model ini sebelumnya digunakan untuk mencari kemungkinan adanya kehidupan di luar angkasa.

Persamaan Drake dihitung menggunakan tujuh variabel dan menyediakan kerangka yang mudah dipahami, untuk melihat jumlah peradaban alien.

"Masih banyak kebingungan soal penularan COVID-19. Sebab, tidak ada bahasa umum yang mudah untuk memahami faktor resiko yang terlibat," kata penulis studi dan profesor Departemen Teknik Mesin di John Hopkins University, Rajat Mittal, dilansir dari laman Live Science, Rabu 28 Oktober 2020.

Dia mengaku, sedang mencari tahu bagaimana seseorang bisa terinfeksi COVID-19. Jika dapat memvisualisasikan lebih jelas dan kuantitatif, mereka dapat memutuskan kegiatan mana yang perlu dilakukan dan dihindari.

Model baru ini dipecah dalam tiga tahap. Pertama penularan droplet mengandung virus dari orang yang terinfeksi ke dalam udara. Lalu, tahap penyebaran droplet. Terakhir, droplet dihirup oleh orang yang rentan.

Secara keseluruhan, model tersebut memiliki 10 variabel untuk penularan COVID-19. Termasuk mengenai tingkat pernapasan orang terinfeksi dan rentan, jumlah partikel virus droplet yang dikeluarkan dan jumlah waktu seseorang untuk terpapar.

Para peneliti juga menggunakan model lain yang disebut ketidaksetaraan Contagion Airborne Transmission (CAT).

Baca juga: Jumlah Air di Bulan di Luar Perkiraan