Perlombaan ke Mars, Siapa yang Menang?

Ilustrasi koloni manusia di Planet Mars.
Sumber :
  • SpaceNews

VIVA – Pesawat ruang angkasa milik Uni Emirat Arab (UEA), China, dan Amerika Serikat (AS) akan mencapai planet Mars pada bulan ini, setelah diluncurkan dari Bumi pada 2020 lalu.

Pawai ini menandakan untuk pertama kalinya UEA ke luar angkasa, upaya independen pertama China untuk mendarat di Mars, dan pertama kalinya NASA menyebarkan helikopter Mars.

Ketiganya diluncurkan dari Bumi dalam waktu yang dekat, ketika Bumi dan Mars berbaris tepat dalam orbitnya mengelilingi Matahari. Penjajaran planet ini hanya terjadi sekali setiap dua tahun. Kemudian tiga negara ini memanfaatkannya untuk penemuan ilmiah dan pertunjukan kekuatan nasional.

UEA dengan pengorbit Emirati Hope akan menjadi yang pertama hadir di sana, tepatnya Selasa, 9 Februari 2021. Diluncurkan tujuh bulan lalu, wahana seukuran mobil ini diterbangkan oleh roket H-IIA Jepang, dikutip dari situs The Verge, Senin, 8 Februari 2021.

Hope akan tinggal hampir dua tahun di sana untuk mensurvei atmosfer planet, mempelajari perubahan harian dalam cuaca Mars. UEA juga jadi negara Arab pertama yang mengerahkan penyelidikan antarplanet dan bergabung dengan sekelompok kecil negara antariksa yang telah melakukan hal yang sama.

Setelah Hope, Tianwen-1 milik China akan mencapai Mars pada Rabu, 10 Februari 2021. Pesawat luar angkasa seberat lima ton itu akan berada di orbit Mars untuk mengamati wilayah Utopia Planitia, di mana deposit besar air es ada di bawahnya.

Tiga bulan kemudian, Mei 2021, Tianwen-1 akan mengerahkan pendarat dan penjelajah yang digabungkan untuk melakukan pendaratan di Utopia Planitia. Penjelajah tersebut membawa seperangkat instrumen untuk mendeteksi endapan air es di bawah permukaan, yang diyakini para ilmuwan menyimpan tanda-tanda kehidupan mikroba. 

Terakhir adalah Perseverance milik Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA), yang akan mendarat pada 18 Februari 2021 di Kawah Jezero, situs sungai kuno yang diyakini menyimpan jejak kehidupan masa lalu.

Lokasi pendaratannya sekitar 1.600 mil jauhnya dari penjelajah China, seperti jarak antara Miami dan bagian utara New York. Ini adalah misi kesembilan NASA ke permukaan Mars. Perseverance akan menggunakan enam roda untuk menghabiskan sekitar dua tahun berpetualang di Kawah Jezero.

Ada tujuh instrumen yang dibawa bersama Perseverance, termasuk laser UV untuk memindai senyawa organik, spektrometer X-ray untuk menganalisis komposisi kimia batuan, dan dua mikrofon untuk memantau kesehatan penjelajah dan merekam suasana berangin di Mars.