XL Axiata Uji Coba Jaringan 5G Pertengahan Agustus

Menara BTS XL Axiata.
Sumber :
  • Dok. XL Axiata

VIVA – Operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana melakukan uji coba jaringan 5G pada pertengahan Agustus 2018.

Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan, penyelenggara uji coba dilakukan di kawasan Kota Tua, Jakarta Utara.

Hal itu dilakukan karena lokasi Kota Tua sebagai area wisata yang ramai dikunjungi, baik wisatawan lokal dan internasional.

Kendati demikian, Tri masih menutup rapat tanggal pasti diselenggarakannya uji coba. "Pertengahan bulan ini yang pasti. Tapi tanggalnya belum bisa dipublikasi," kata dia Jakarta, Selasa, 7 Agustus 2018.

Tri juga tidak menjelaskan lebih lanjut berapa lama uji coba dilakukan. Namun, ia menyebut tidak menutup kemungkinan akan selesai setelah gelaran Asian Games berlangsung. "Bisa jadi lebih lama," tambahnya.

Selain XL dan Pemprov DKI, operator telekomunikasi pelat merah, Telkomsel, juga akan mengujicoba jaringan 5G. Pengujian tersebut akan dilakukan selama penyelenggaraan Asian Games di sejumlah venue pertandingan.

Selain itu juga akan menggunakan autonomous car. "Ada uji coba aplikasinya untuk mobil otomatis atau kendaraan tanpa sopir sebanyak satu unit. Satu lagi yang pertandingan," kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

Tujuan digelar uji coba ini untuk melihat kesiapan jaringan 5G pada masalah teknis. Saat pengujian akan dilihat kelengkapan dari perangkat hingga aplikasi yang digunakan.