WiFi Kencang Bikin Pembukaan Asian Games Mendunia

Semarak kembang api di Pembukaan Asian Games 2018
Sumber :
  • INASGOC/Widodo S Jusuf

VIVA – Kementerian Pemuda dan Olahraga atau Kemenpora mengapresiasi hadirnya akses WiFi dengan kecepatan mumpuni yang hadir sepanjang upacara pembukaan Asian Games 2018 pada Sabtu malam 18 Agustus 2018. Akses WiFi pada pembukaan tersebut masuk kategori bagus.

"Sejauh ini berdasarkan pengalaman saya menghadiri banyak multi event, cukup bagus (kinerja WiFi)," kata Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto di Jakarta, dalam keterangannya, Senin 20 Agustus 2018.

Menurutnya, pada era digital saat ini, kehadiran konektivitas internet untuk sebuah kegiatan besar tak bisa dihindari. "Minimal orang ingin berkomunikasi atau eksis di media sosial. Semalam (Sabtu malam) saya coba kapasitas bandwidth untuk melayani netizen yang tengah di Gelora Bung Karno lumayan optimal," katanya.

Gatot menuturkan, salah satu yang mendukung kelancaran selain faktor teknis adalah karena Kemenpora sudah mengingatkan jauh-jauh hari kepada warganet selama di Gelora Bung Karno untuk menggunakan jaringan yang direkomendasikan. 

"Setelah warganet tahu, baru sadar bahwa ada WiFi network untuk itu dan akhirnya di media sosial seperti Instagram dan Twitter mendunia," tuturnya.

Direktur Pembangunan dan Pembangunan Usaha PPK GBK Gatot Tetuko dalam video usai upacara pembukaan Asian Games 2018 menyatakan, dia mendapatkan kecepatan yang mumpuni dari layanan WiFi yang disediakan Telkom selama acara pembuka tersebut.

"Tadi saya coba ketika sedang ramai (pengakses), download dan upload kenceng. Selamat buat Telkom yang memastikan kualitas layanan terjaga untuk nama baik bangsa," tuturnya.

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) adalah Official Prestige Telco Partner Asian Games 2018. Untuk mengakomodasi kebutuhan data dan internet selama Asian Games 2018, TelkomGroup menyediakan 1.070 access point (AP) WiFi dengan total bandwidth internet lebih dari 200 Gbps, yang mana 396 AP dialokasikan di GBK mengingat area tersebut merupakan lokasi pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 serta sejumlah pertandingan cabang olahraga.

Selama pertandingan berlangsung, TelkomGroup mendukung Games Management System (GMS) dengan infrastruktur Wide Area Network (WAN) berteknologi fiber optic. Telkom berharap dengan dukungan ini seluruh operasional perangkat pertandingan yang terhubung melalui GMS akan berjalan dengan baik.

Selain itu, Telkom juga menyediakan 8.700 unit IndiHome di beberapa lokasi, khususnya di wisma atlet guna memberikan pengalaman bagi para atlet dan tim ofisial.

Selain itu, TelkomGroup juga memenuhi kebutuhan broadcasting bagi para jurnalis mancanegara dengan menyediakan 8 unit satellite news gathering (SNG) di area media center, baik di Jakarta maupun Palembang.
 
Selama upacara Asian Games 2018, keriuhan tak hanya terasa di dalam stadion, tetapi juga dunia maya. Salah satu jejaring sosial, Twitter, mencatat ada  1 juta tweet dan menjadikan tagar #OpeningCeremonyAsianGames2018 berada pada peringkat nomor 1 trending topic dunia.