Tiga Tips Ampuh untuk Enterpreneur Milenial ala Sandiaga Uno

Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Pengusaha dan calon wakil presiden nomor urut dua, Sandiaga Uno, mengatakan momentum bonus demografi harus dimanfaatkan untuk menggerakkan perekonomian. Salah satu kuncinya harus bertransformasi, bukan hanya sebagai penonton tetapi menjadi pemain.

"Tahun 2030 Indonesia akan mengalami bonus demografi. Di mana jumlah penduduk usia muda akan bertambah, sehingga Indonesia akan memiliki banyak tenaga produktif," kata Sandiaga, dalam acara Indonesia Young Entrepreneur Summit (IYES) 2018, di Jakarta, Minggu, 28 Oktober 2018.

Sebagai seorang pengusaha sukses, Sandi tentu telah merasakan pasang surut dunia bisnis. Ia pun bersedia memberikan tips berbisnis ampuh bagi para entrepreneur muda atau milenial.

Pertama, harus inovatif. Menurutnya seorang pengusaha tidak akan menjadi sukses apabila tidak ada inovasi. Kedua, berani mengambil risiko.

"Harus berani risk taking. Kalau kita hanya menunggu, terus wait and see, ya, kita tidak akan bisa jadi entrepreneur," ungkapnya.

Ketiga, pro aktif. Sandi menjelaskan bahwa sebagai seorang pengusaha harus terus bergerak menjemput bola dan membangun jejaring.

"Jadi, kita harus menghimpun dan membangun jejaring. Itu konsep pro aktif dengan ekonomi berlandaskan silaturahmi. Karena, setiap silaturahmi itu ada rezekinya masing-masing," tutur dia. (ase)