Google Maps Bantu Tangkap Buronan Masturbasi Jalanan

Kepolisian Queensland Australia bekuk buronan masturbasi
Sumber :
  • Dokumen kepolisian Queensland

VIVA – Google Maps bisa menjadi alat penting untuk mengungkap sebuah aksi cabul. Kepolisian Queensland, Australia sangat berterima kasih kepada Google Maps, sebab layanan Google Street View yang ada di platform pemetaan itu bisa membantu mereka membekuk buronan masturbasi. 

Dikutip dari laman Hackread, Senin 28 Januari 2019, masyarakat Queensland dan sekitarnya selama ini dihantui teror cabul pria berumur 43 tahun. Pria ini berkali-kali beraksi cabul di pinggir jalanan pinggiran kota Queensland dan Brisbane. Kaum hawa yang melihat dan memergokinya menjadi risih dan melaporkan ke pihak berwajib. 

Tapi, parahnya aksi cabul pria ini selalu mulus. Pria yang melakukan serangkaian masturbasi ini tak pernah dibekuk polisi selama 4 tahun, karena hilang jejaknya. Praktis, selama 4 tahun tersebut, pria itu menjadi buronan masturbasi. Laporan kepolisian setempat menunjukkan, aksi cabul masturbasi ini terjadi antara 2015 sampai 2019.

Nah, kepolisian Queensland akhirnya bisa mendeteksi keberadaan sang pria cabul tersebut dengan pelacakan melalui Google Street View. 

Berkat pelacakan melalui Google Street View itu, polisi mengetahui pria cabul tersebut merupakan penduduk Eaton Hills, Queensland. Pria cabul itu sering ditemukan di jalanan tertentu di daerah Windsor. Mobil Google Street View menangkap foto pria ini saat beraksi masturbasi pada Juli 2017.  

Polisi mengatakan, pelaku bakal dihukum dengan 27 tuduhan tindakan tak senonoh.

Juru bicara kepolisian Queensland menuturkan, sejauh ini mereka belum menemukan bukti adanya korban langsung dari pelecehan dari aksi cabul pria berkulit putih tersebut. Namun polisi menduga ada kemungkinan masih banyak pelanggaran yang dilakukan pria cabul itu. 

"Pria itu bisa saja melakukan lebih banyak pelanggaran dalam jangka panjang ini. Apa yang kami lakukan untuk menjadi perhatian bagi warga, apakah mereka mengenalinya sehingga bisa membongkar insiden ini," ujar jubir kepolisian tersebut dikutip Daily Dot.

Dalam salah satu rekaman Google Street View tersebut, terlihat pria cabul itu terlihat sedang berdiri di pagar kayu. Pria itu mengintip ke sebuah taman di seberang pagar kayu. Sekilas pria cabul itu tak menunjukkan aksi cabul.

(ali)