Bos Uang Kripto Rp2,6 T Meninggal Tanpa Beberkan Password Komputer

Bitcoin.
Sumber :
  • Smartereum

VIVA – Seorang pria pendiri platform uang digital crypto exchange QuadrigaCX, Gerald Cotten, meninggal dunia. Pihak investor lantas dibuat kebingungan lantaran Cotten tak pernah memberikan password laptop yang berisi catatan bisnis

Dilansir dari Cnet, Selasa, 5 Februari 2019, aset para investor pada perusahaan itu mencapai US$190 juta atau setara Rp2,6 triliun. Sedangkan utang QuadrigaCX berbentuk cryptocurrency dan uang tunai. 

Selain Founder, Cotten juga menjabat sebagai CEO. Dia meninggal Desember lalu karena penyakit komplikasi Crohn. 

Perusahaan itu juga langsung mengajukan kebangkrutan pada Mahkamah Agung Nova Scotia, Kanada, pada 31 Januari 2019. 

Permintaan itu untuk menyederhanakan pembelian dan penjualan bitcoin cryptocurrency, berdasarkan versi cached dari website-nya. 

Sementara itu, istri Cotten, Jennifer Robertson mengatakan tak punya akses pada laptop suaminya. Ia juga tak memegang catatan bisnis untuk QuadrigaCX atau afiliasi perusahaannya. Begitu pula soal password maupun kunci pemulihan dari laptop yang terenkripsi milik Cotten. 

Menurut Robertson, Cotten satu-satunya yang memegang tanggung jawab untuk menangani dana dan koin perusahaan. 

Dalam keterangannya di website resmi, pihak QuadrigaCX mengatakan telah bekerja untuk menemukan dan mengamankan cadangan cryptocurrency. Namun mereka mengatakan belum berhasil. 

Perusahaan itu juga belum memberikan komentar lebih lanjut lagi mengenai masalah tersebut.