Korea Selatan Tunda Terapkan Teknologi 5G

Ilustrasi teknologi 5G.
Sumber :
  • MarketWatch

VIVA – Teknologi generasi kelima atau 5G adalah teknologi paling ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat dunia. Teknologi ini diperkirakan resmi meluncur di Korea Selatan pada kuartal I-2019, namun peluncuran jaringan pertama mereka akhirnya ditunda hingga kuartal kedua tahun ini.

Dikutip melalui situs GizmoChina, Minggu, 10 Maret 2019, Kementerian Sains dan Teknologi, Informasi serta Komunikasi Korea Selatan memberi dua alasan utama penundaan ini.

Pertama, berkaitan dengan produsen smartphone mereka, Samsung. Di mana seri Samsung Galaxy S10 versi 5G seharusnya sudah siap dan bisa diuji pada bulan ini, namun justru sebaliknya. Smartphone itu belum siap untuk diluncurkan.

Merek selanjutnya ada LG. Vendor smartphone ini sedang menunggu untuk bisa mengadopsi Snapdragon X50 untuk digunakan pada perangkat V50 ThinQ.

Prosesor tersebut adalah chip pertama 5G yang akan dirilis oleh Qualcomm, namun sayangnya tidak akan siap sampai April mendatang.

Kedua, mengenai struktur harga dari perusahaan telekomunikasi Korea Selatan. Pemerintah menolak proposal harga yang diajukan SK Telecom, operator lokal ternama di negeri Ginseng tersebut. Mereka menganggap harga yang diminta terlalu tinggi dan tidak cocok digunakan untuk pengguna normal.

Jaringan generasi kelima di awal 2019 juga dilaporkan rilis di Jepang, China dan beberapa negara di Eropa. Sementara itu, India rencananya meluncur pada 2020.

Lalu, ada Amerika Serikat yang telah meluncurkan layanan 5G komersial secara terbatas, dan di awal tahun ini diharapkan hadir secara keseluruhan. (art)